Razia besar-besaran oleh Polisi menutup ‘pabrik’ pemalsu produk detector emas milik Minelab

Jakarta - Jumat, 12 Juli 2013 (ANTARA) -- Minelab, pemimpin global dalam teknologi deteksi emas dan perangkat genggam detektor logam yang berbasis di Cork, baru-baru ini mengungkap kesuksesannya menghentikan upaya pemalsuan produk Minelab. Dalam operasi besar-besaran oleh polisi Dubai, produk palsu Minelab bernilai 1,6 juta dolar (5,9 juta Dirham) diamankan dari sebuah kompleks apartemen yang berfungsi sebagai ‘pabrik’ pemalsu. 

     Dari razia ini terungkap apartemen tersebut menjadi tempat untuk merangkai dan mengemas produk palsu sebelum dijual bebas di pasaran sebagai detektor emas Minelab kelas premium. Para pelaku pemalsuan yang langsung tertangkap pada saat razia maupun setelahnya kini tengah menunggu proses hukum oleh pihak berwenang di Uni Emirat Arab.

     Kampanye Genuine Minelab; Genuine Performance; Stop Counterfeits berkomitmen untuk melindungi kepentingan pelanggan dengan memastikan keaslian serta kualitas dari produk dan merek Minelab.

     Dari kantornya di Australia, General Manager Minelab Peter Charlesworth mengatakan: “Penangkapan ini merupakan tindak lanjut dari investigasi yang dilakukan sebelumnya. Minelab, seperti merek global terkemuka lainnya, selalu mengembangkan strategi inovatif untuk memerangi para pemalsu yang berbasis di Cina dan menjual produk mereka langsung ke berbagai Negara berkembang melalui hub-hub penting seperti Dubai.

     Pelanggan kami menginginkan Genuine Performance yang hanya dimiliki oleh produk asli Minelab. Kami berkomitmen pada strategi tersebut dan penangkapan di Dubai ini mencerminkan hal itu. Saya berterima kasih kepada para petugas serta mitra kami di Dubai atas kegigihan dan profesionalisme mereka selama proses ini berlangsung.”

     Minelab telah memperkenalkan sejumlah label keamanan baru yang didesain untuk kotak kendali dan logam pada produk detector emasnya, dan baru-baru ini memperkenalkan sebuah sistem verifikasi SMS baru.

     Sheila Kelleher, General Manager Minelab EMEA, menjelaskan: “Pelanggan di seluruh dunia kini bisa memastikan keaslian sebuah detektor GPX Series melalui sistem verifikasi SMS baru kami sebelum mereka membeli. Cukup dengan mengirimkan nomor seri produk tersebut dan kode yang tersembunyi di balik strip pengaman melalui SMS kepada kami, kami akan mengirim balasan berupa verifikasi yang menyatakan bahwa Anda membeli produk Minelab yang asli. Inisiatif baru ini mudah diakses dan digunakan, dan sejauh ini berjalan dengan sangat baik di seluruh dunia.”

     Panduan singkat mengenai sistem verifikasi SMS dapat dilihat di www.minelab.com/videos. Video ini tersedia dalam berbagai pilihan bahasa bagi para pelanggan. Sebuah brosur ‘Verify your Minelab’ lengkap dengan strip keamanan yang terlipat disediakan secara gratis di seluruh gerai dealer Minelab di seluruh dunia, atau dapat juga diminta melalui email yang dikirimkan ke berbagai kantor Minelab di seluruh dunia.  

     Minelab pertama kali meluncurkan perangkat genggam detektor emas di Australia pada tahun 1985 dan selama lebih dari 28 tahun ini menjadi pelopor dalam hal desain sekaligus inovasi detektor logam. Dalam beberapa tahun terakhir, proyek pengembangan pasar Minelab dengan para penambang skala kecil dan komunitasnya di Afrika, Amerika Tengah & Latin dan kawasan Asia Pasifik telah membantu memperbaiki teknik pertambangan tradisional mereka dan meningkatkan produktivitas dengan cara yang aman menggunakan detektor emas Minelab. Dari penangkapan yang dilakukan ini diketahui bahwa para pemalsu produk Minelab tersebut mengincar para penambang skala kecil untuk meningkatkan permintaan terhadap produk palsu mereka.


Tentang Minelab di Indonesia & Asia 

     Minelab terus mengembangkan pasarnya di Indonesia dan negara lainnya di mana Minelab beroperasi – Malaysia, Filipina, Korea Selatan dan Jepang. Tim pelatihan Minelab saat ini tengah melaksanakan kunjungan ke Indonesia untuk bertemu dengan kedua dealer yang sedang mengalami peningkatan luar biasa di wilayah Jakarta Selatan. Minelab ikut serta dalam ajang Ozmine 2013 di Jakarta dan memiliki program yang secara aktif menjangkau komunitas pertambangan skala kecil di Indonesia dan kawasan berkembang lainnya. 

     Minelab saat ini sedang memperluas jangkauannya ke Cina dan kawasan lainnya di Asia termasuk: Mongolia, Indochina, Vietnam, Kamboja, Laos, Hong Kong, Myanmar, India dan Pakistan. Para prospektor di seluruh Asia telah merasakan keberhasilan dengan GPX 5000 milk Minelab. Seorang prospektor di Mongolia baru-baru ini menemukan 50 gram emas di provinsi Gobi Altai dengan menggunakan teknologi deteksi emas dari Minelab.

Silakan merujuk ke ‘Where to Buy’di situs Minelab.com untuk informasi mengenai dealer di wilayah Anda.

SELESAI

Informasi lebih lanjut:

Sheila Kelleher, General Manager EMEA
Tel: 353 21 4232352

Gary Schafer, General Manager Americas
Tel:  1 630 401 8150

Peter Charlesworth, General Manager MINELAB.
Tel: 61 8 8238 0888



Informasi Tambahan:


Tentang Teknologi Detektor Emas Genggam Minelab

     Minelab meluncurkan detektor Emas genggam yang pertama di Australia pada tahun 1985. Didesain oleh ahli fisika ternama, Bruce Candy, detektor ini merupakan sebuah revolusi dalam bidang prospecting (penyelidikan umum) dengan teknologi mutakhirnya yang memungkinkan untuk mendeteksi bongkah emas alluvial (dari ukuran subgram) dalam tanah yang memiliki kandungan mineral tinggi dan tetap sensitif terhadap keberadaan emas terkecil sekalipun di kedalaman tanah yang luar biasa.


Tentang Detektor Emas GPX Minelab

     GPX Series Minelab adalah detector emas yang tidak terkalahkan, memiliki kemampuan menemukan emas dalam berbagai ukuran – dari bongkahan berukuran subgram hingga bongkah “endapan” yang terbesar serta berbagai ukuran lainnya. Detektor ini memiliki teknologi MPS, DVT, dan SETA unggulan yang dikombinasikan dengan kemampuan legendaris GPX untuk “melihat menembus” tanah dengan kandungan mineral tinggi, memungkinkan detector untuk mencapai kedalaman yang luar biasa di samping tetap sensitive terhadap bongkahan yang terkecil sekalipun – GPX Depth Advantage. 


Tentang Detektor Range of Gold Minelab

     Detektor khusus emas dari Minelab mengubah cara penambang emas dalam mencari bongkahan emas pada beberapa kondisi tanah tersulit di dunia. Mulai dari X-TERRA 705 Gold Pack untuk prospector pemula, Eureka Gold untuk pengguna yang lebih berpengalaman, hingga kinerja prospeksi emas yang tertinggi – GPX 4800 dan GPX 5000. Setiap detektor memiliki fungsi dan manfaat yang unik namun sekaligus mengandung teknologi nomor satu di dunia serta mendapat jaminan Minelab atas kinerja tertinggi di kondisi prospeksi emas yang tersulit sekalipun.


Tentang Minelab

     Minelab merupakan bisnis yang didirikan di Australia dan telah memenangkan banyak penghargaan. Berbasis di Torrensville, Australia Selatan dengan kantor regional di Cork, Islandia dan Chicago, AS, spesialisasi Minelab terletak dalam teknologi elektroniknya yang canggih. Sejak kemunculannya pada tahun 1985, Minelab telah menjadi pemimpin global dalam menyediakan teknologi deteksi metal untuk konsumen, serta keperluan kemanusiaan dan militer. Melalui penelitian mendalam serta pengembangan dan desain inovatif, kini Minelab menjadi produsen utama di dunia untuk produk detektor metal genggam. Selama 28 tahun terakhir, Minelab telah memperkenalkan lebih banyak teknologi yang inovatif dan praktis dibandingkan dengan kompetitor sejenisnya dan telah membawa industri pendeteksi metal menuju tingkat kesuksesan yang baru. Minelab merupakan perusahaan Codan Limited (ASX: “CDA”).

Kontak Media:
Nurniyyati, Cognito Communications Counsellors
Tel: 021 7399928



Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2013