Melesat di antara siklus shio, 2024 adalah momen bagi sang naga kayu untuk mengibarkan warnanya.
Orang-orang yang lahir di tahun shio naga diyakini akan memiliki sifat kepemimpinan yang penuh keberuntungan, visioner hingga pemecah masalah.
Beberapa orang lantas berlomba mengejar sang naga, mendambakan kelahiran buah hati di tahun shio naga kayu ini.

Menangkap kelahiran buah hati di tahun naga kayu

Tahun naga kayu, yang dipercaya sebagai tahun baik untuk melahirkan dan memiliki anak dalam penanggalan China, telah mendorong peningkatan minat pasangan suami-istri untuk memiliki anak. Menjelang tahun naga kayu ini, sudah banyak pasangan suami-istri yang telah berkonsultasi untuk melakukan program hamil seperti bayi tabung.

Baca Selengkapnya
Menangkap kelahiran buah hati di tahun naga kayu
Mengenal <i>Shio</i>

Shio bergerak dalam siklus 12 tahun, dan setiap tahunnya dilambangkan dengan hewan. Ke-12 hewan itu adalah tikus, kerbau, harimau, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing dan babi.

Bagaimana legenda di balik terpilihnya 12 hewan tersebut sebagai shio?

Dewa memanggil semua hewan untuk mengucapkan selamat tinggal sebelum ia meninggalkan Bumi.

Sang dewa menjanjikan bagi hewan yang datang paling awal akan mendapat kehormatan.

Ada 12 hewan yang datang lebih dulu, pertama adalah tikus disusul kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing dan babi.

Sesuai janjinya, dewa memberi masing- masing hewan itu tempat kehormatan dalam setahun.

Lantaran tikus tiba lebih awal, ia menjadi hewan pertama dalam shio.

Di mana kucing? Kucing terlambat datang karena tikus ingkar janji.

Dikisahkan, kucing dan tikus adalah teman baik. Tikus berjanji akan membangunkan kucing untuk datang ke acara undangan sang dewa. Tapi tikus lupa akan janjinya.

Jadi tikus hewan tercepat? Tikus bukan pelari tercepat, tapi ia yang paling pintar.

Tikus membuat kerbau menggendongnya dengan syarat ia bernyanyi.

Ketika mencapai garis finis, tikus melompat ke depan sehingga ia menjadi yang pertama tiba.

Dalam kepercayaan masyarakat Tionghoa, shio menjadi acuan untuk mengetahui karakter seseorang.

Mengenal <i>Shio</i>
Karakteristik 5 <i>Shio</i>

Air

Mampu berkomunikasi dan melaksanakan ide-ide dengan cara memengaruhi orang lain untuk mewujudkannya.

Kayu

Melambangkan moral dan rasa percaya diri yang tinggi.

Logam

Sifat kaku dan keras.

Api

Memiliki bakat kepemimpinan, cepat mengambil keputusan, dan percaya diri.

Tanah

Memiliki pemikiran yang luar biasa dan tujuan nyata.

Karakteristik 5 <i>Shio</i>

Pertumbuhan yang stabil dikejar dengan agresif.

Sensitif tapi keras kepala

Keramahan & solidaritas

Kemanusiaan meningkat

Penuh rasa ingin tahu dan terkesan terlalu ikut campur.

Shio yang beruntung

  • Ayam
  • Tikus
  • Monyet
  • Babi
  • Ular

Shio yang perlu mawas diri

  • Anjing
  • Kelinci
  • Kerbau
  • Kambing
  • Naga

Perbedaan Shio dan Zodiak

Mengenal <i>Shio</i>
Sejarah <i>shio</i> dalam budaya China

Sejarah shio dalam budaya China

Astrologi asal China adalah hasil perkawinan antara pengamatan tentang alam, perhitungan dan pemahaman filosofis bernama shio, demikian kata dosen program studi China Universitas Indonesia Adi Kristina Wulandari kepada ANTARA pada Rabu (20/12) tentang awal mula shio.

Baca Selengkapnya

Shio naga, si paling beruntung

"Menurut saya kalau lahirnya tahun naga, bulannya anjing itu lebih parah karena naga dan anjing kan ciong (tidak beruntung). Jadi kalau antara tahun dan bulan clash (bentrok) itu hidupnya agak sedikit kurang damai. Jadi tergantung shio orang tersebut apa,” kata Angelina.

Baca Selengkapnya
<i>Shio</i> naga, si paling beruntung
Sejarah dan makna <i>shio</i> Naga

Sejarah dan makna shio Naga

Naga adalah simbol kekuatan, kehormatan dan kekuasaan dalam kebudayaan China yang sampai saat ini dapat dilihat melalui astrologi asal China yaitu shio yang muncul dalam urutan ke-5. Namun ternyata ada sejarah panjang mengapa shio naga ini dianggap istimewa oleh masyarakat keturunan China.

Baca Selengkapnya

Ramalan shio naga di tahun 2024

Lely memperingatkan kepada masyarakat agar dapat bijak dalam memilih aksesoris naga. Jika seseorang bukan bershio naga, namun memajang atau mengoleksi barang-barang dengan bentuk atau ukiran naga termasuk tato maka kemungkinan dapat terjadi ciong (menabrak) atau tidak beruntung.

Baca Selengkapnya
Ramalan <i>shio</i> naga di tahun 2024

Tokoh-tokoh terkenal ber-shio naga

Sesuai dengan perhitungan Bazi, shio naga akan muncul 12 tahun sekali. Orang-orang ber-shio naga memiliki karakter yang berpendirian teguh, setia, jujur, dan tulus. Berikut adalah tokoh-tokoh terkenal yang memiliki shio naga:

Kepribadian <i>shio</i> naga

Kepribadian shio naga

“Meskipun terikat dengan berbagai keistimewaan, shio naga tidak luput dari kekurangan,” Ucap pengamat budaya China dari Universitas Indonesia Agni Malagina M. Hum ketika menyebutkan orang dengan kepribadian shio naga sebagai seorang yang dianggap istimewa karena memiliki keunggulan sebagai seorang pribadi.

Baca Selengkapnya

Adakah perayaan khusus untuk shio naga?

Sebagian masyarakat Indonesia khususnya masyarakat keturunan China, akan segera mengakhiri tahun yang bershio kelinci air. Mereka berbondong-bondong menyambut tahun naga kayu yang jatuh pada tahun 2024 mendatang. Lalu, adakah perayaan khusus untuk menyambut tahun naga kayu tersebut?

Baca Selengkapnya
Adakah perayaan khusus untuk <i>shio</i> naga?
Naga dalam mitologi Tiongkok

Naga dalam mitologi Tiongkok

Dalam mitologi Tiongkok, naga memiliki keterkaitan erat dengan angka "9", terlihat dari sembilan karakteristiknya yang merupakan gabungan makhluk-makhluk lain. Kombinasi naga dan angka sembilan dianggap sangat menguntungkan, diharapkan kehadiran naga sebagai simbol keberuntungan serta membawa kesuksesan.

2 6 1 3 4 5 5 5 5 5

Galeri Foto

Tahun naga kayu menjadi masa yang sarat tantangan dan peluang.
Bagi mereka yang memiliki shio yang bersinergi dengan energi naga kayu, kesuksesan besar dapat diraih, tetapi tetap diperlukan kewaspadaan terhadap kemungkinan hambatan.

Credit

PENGARAH
Irfan Junaidi, Gusti Nur Cahya Aryani, Teguh Priyanto

PRODUSER EKSEKUTIF
Sapto HP

PRODUSER
Ida Nurcahyani

CO PRODUSER
Farika Nur Khotimah

PENULIS
Farika Nur Khotimah, Jeremy Putra Budi Salenusa

EDITOR TEKS
Ida Nurcahyani

FOTOGRAFER
Nova Wahyudi, Jessica Helena Wuysang, Iggoy el Fitra, Budi Candra Setya, Muhammad Iqbal, Abriawan Abhe, Dhemas Reviyanto, Adeng Bustomi, Aloysius Jarot Nugroho, Umarul Faruq, Oky Lukmansyah, Andri Saputra, Arif Firmansyah

FOTO
ANTARA FOTO

INFOGRAFIK
Abdul Kahfi, Nurul

EDITOR INFOGRAFIK
Heppy, Tim Infografis

DATA DAN RISET
Pusat Data dan Riset Antara

WEB DEVELOPER
Y. Rinaldi

Sejarah shio dalam budaya China

Sejarah <i>shio</i> dalam budaya China

Astrologi asal China adalah hasil perkawinan antara pengamatan tentang alam, perhitungan dan pemahaman filosofis bernama shio, demikian kata dosen program studi China Universitas Indonesia Adi Kristina Wulandari kepada ANTARA pada Rabu (20/12) tentang awal mula shio.

Ia menerangkan ada beberapa asal-usul mengenai lahirnya shio. Salah satu versi yang paling populer adalah legenda mengenai kaisar langit yang mengadakan lomba antar hewan.

“Mitosnya itu bahwa 12 hewan yang kemudian jadi shio itu kan diundang kaisar ya. Mereka lomba lari yang kemudian sampai di garis finish (akhir) itu ada urutannya,” ucap akademisi yang kerap disapa dengan nama Ina tersebut.

Kisah tersebut kemudian lestari turun temurun di setiap generasi dan kemudian menjadi satu keyakinan di masyarakat Tionghoa. Selain itu, Ina juga menjelaskan versi lain tentang awal mula shio yang berasal dari Bazi, konsep astrologis kuno China yang erat dengan perhitungan digabung dengan filosofi budaya China yakni san jiau.

“Masyarakat China punya sistem keyakinan yang khas yaitu san jiau. Itu unsur pertama tentang alam itu taois, kedua konfusianis baru yang ketiga buddhis,” kata Ina.

Ina menyatakan bahwa dalam masyarakat China, nilai-nilai alam sangat dihormati, tercermin dalam ajaran taoisme. Selain itu, mereka diajarkan untuk merawat hubungan sosial melalui ajaran konfusianisme dan menjalin keseimbangan dengan aspek spiritual dan transenden melalui ajaran buddhisme.

Kembali mengenai Bazi yang terdiri dari empat pilar langit yaitu air, api, logam, kayu dan tanah lantas dikalikan dua sesuai dengan sifat negatif serta positif dari tiap batang langit kemudian dikombinasikan dengan 12 cabang bumi yang menghasilkan 12 hewan tersebut.

“Kombinasi antara elemen surga, elemen langit dan elemen bumi nanti menghasilkan apa yang disebut empat pilar. Empat pilar itu yang menentukan adalah tahun, bulan, tanggal dan jam,” kata Ina menjelaskan.

Jika seseorang lahir di tahun 2024, maka dia akan bershio naga. Namun untuk menentukan keberuntungan lebih rumit lagi, akan ada perbedaan dari pengaruh jam, bulan dan tanggal lahir. Seseorang yang lahir di tahun 2024, di hari tertentu akan berbeda sifat, karakter dan prediksi masa depannya meskipun hanya berbeda jam.

“Jadi, Bazi itu menentukan karakter, sifat dan lain sebagainya,” ucap Ina.

Versi lain menyatakan bahwa shio terbentuk dari pengamatan masyarakat China zaman dahulu terhadap alam, tepatnya pada pergerakan bulan yang dicatat kemudian dibakukan ke dalam kalender.

“Dari semua versi itu, masyarakat China mempercayai semua. Terlepas dari mempercayainya betul-betul atau tidak itu kembali kepada masing-masing,” katanya.

Ina juga menjelaskan bahwa meski telah berkembang bertahun-tahun, sampai saat ini tidak ada bukti empirik yang dapat membuktikan mitos maupun versi lain memiliki fakta sejarah yang dapat dibuktikan. Seperti pada masa kaisar Huang Di atau yang kerap dikenal sebagai kaisar Kuning, tidak ditemukan adanya fakta sejarah yang mencatat kejadian kaisar memanggil hewan-hewan layaknya sejarah awal mula shio.

“Memang ditemukan beberapa bukti dinasti-dinasti zaman tersebut tetapi karena usianya sebelum masehi, ratusan ribuan tahun sebelum masehi sehingga agak sulit untuk membuktikan secara historis,” jelas Ina.

Ia mengatakan bahwa masyarakat China mempercayai shio bukan tentang prosesnya, namun tujuan dari makna filosofis yang dikandung shio terhadap masyarakat. Mereka meyakini ada maksud baik yang diajarkan oleh leluhur mereka.

Kemudian, Ina menerangkan jika pengetahuan astrologi yang terkandung dalam shio digunakan oleh masyarakat China pada zaman dahulu sebagai penunjuk waktu khususnya dalam pertanian.

“Sudah pasti, iya. Mereka membaca tanda-tanda alam, seperti di wilayah pesisir. Cerita di balik hari raya Imlek sendiri merupakan penanda selesainya musim dingin, menuju musim semi,” terangnya.

Jaman berganti, waktu terus bergerak. Sekarang ilmu astrologi shio lebih dimaknai sebagai prediksi akan nasib seseorang, menelisik peruntungan dan lain seterusnya.

Terlebih dari pengaruh digitalisasi dewasa ini, pengetahuan tentang shio semakin dikenal luas oleh masyarakat.

“Era digitalisasi ini makin mudah mengenal perhitungan shio. Banyak yang digunakan sebagai hiburan juga ya,” ucapnya.

Lalu, Ina juga menerangkan bahwa shio tidak terkait dengan agama tertentu. Pengetahuan tentang shio murni datang dari ajaran China yang telah ada sejak zaman dahulu dan menjadi filosofi hidup masyarakat China.

“Tapi kalau soal ini bukan spesifik ke agama tertentu. Tidak mengacu kepada agama tertentu, di sana pemerintahnya tidak mengharuskan masyarakatnya untuk menganut agama tertentu. Ini lebih ke simbol dari budaya Tionghoa,” kata Ina.

Ina berpesan kepada masyarakat bahwa mempercayai shio berarti menghormati kebudayaan China. Dengan mempercayai shio, dapat melestarikan kearifan lokal dari budaya China yang sudah diturunkan kepada pecinan nusantara.

“Saya lebih memandang bahwa kalau meyakini shio itu adalah bentuk penghormatan terhadap etnis Tionghoa. Ini juga bukan suatu dogma, tetapi lebih pada prinsip budaya dan filosofis. Sebagai bentuk penghormatan mungkin juga ya hiburan dan sarana mempelajari budaya Cina,” pesan Ina kepada masyarakat untuk menyikapi budaya shio asal China.

Tutup

Shio naga, si paling beruntung

<i>Shio</i> naga, si paling beruntung

Tahun Naga Kayu yang dimulai saat tahun baru China, Imlek pada 10 Februari 2024, dipercaya akan membawa keberuntungan menarik perhatian hingga masyarakat berbondong-bondong berusaha untuk melahirkan anak pada tahun tersebut. Namun, apakah benar shio naga kayu adalah shio paling beruntung? Simak fakta berikut ini!

Pakar fengsui Angelina Fang mengungkapkan kepada ANTARA, Selasa (5/12) bahwa tidak ada shio yang paling beruntung maupun paling tidak beruntung.

“Tidak ada shio yang lebih beruntung. Masing-masing ada kelebihan dan kekurangan sendiri. Setiap elemen punya kelebihan lain. Dan kekurangan sendiri. Tidak ada elemen yang lebih bagus atau lebih jelek dibandingkan yang lain,” ucap Angelina.

Walaupun naga dianggap hewan yang istimewa, namun shio naga belum tentu istimewa.

“Karena orang mungkin melihat sifat dari binatangnya gitu kan. Kemudian juga cuman dulu kan memang di Tiongkok kaisar adalah lambangnya naga untuk kaisar. Jadi mereka melihat naga sebagai sesuatu yang spesial. Tapi apakah shio naga pas paling hoki? Jawabannya belum tentu. Karena orang paling kaya di dunia juga belum tentu shio naga,” Angelina menambahkan.

Ia menjelaskan jika peruntungan seseorang dalam menghadapi tahun tertentu adalah tergantung dengan shio orang tersebut.

“Menurut saya kalau lahirnya tahun naga, bulannya anjing itu lebih parah karena naga dan anjing kan ciong (tidak beruntung). Jadi kalau antara tahun dan bulan clash (bentrok) itu hidupnya agak sedikit kurang damai. Jadi tergantung shio orang tersebut apa,” kata Angelina.

Angelina menyampaikan, untuk mengetahui shio seseorang akan beruntung atau tidak dalam menghadapi tahun-tahun yang akan datang, masyarakat keturunan China biasanya menggunakan rumus Bazi.

Bazi secara harfiah artinya adalah delapan aksara atau huruf, bisa juga disebut hasta aksara. Rumus ini dikenal juga dengan nama “4 Pilar”, yakni salah satu ilmu astrologi China yang populer dan telah digunakan sejak dahulu untuk menghitung atau membaca kehidupan seseorang.

Kurang lebih jika hendak membaca peruntungan seseorang, dalam fengsui membutuhkan informasi tentang jam, hari, bulan, serta tahun kelahiran seseorang. Setelah itu baru bisa dianalisis dengan rumus Bazi tersebut.

Angelina bersama tim pakar fengsui lain telah melakukan sebuah riset yang menyimpulkan bahwa ada beberapa shio yang beruntung. Di antaranya adalah shio ayam, tikus, monyet, babi, dan ular.

Lalu Angelina pun menyampaikan bahwa ada juga shio-shio yang perlu mawas diri. Di antaranya adalah anjing, kelinci, kerbau, kambing, dan naga.

Terlepas dari adanya shio yang beruntung di tahun depan maupun perlu mawas diri, Angelina tetap berpesan agar masyarakat selalu hati-hati dan perlu antisipasi.

“Jadi kalau kita tahu kita akan terkena ciong, maka kita tahu apa yang harus kita lakukan. Antisipasi, kita mawas diri, cari aman, jangan cari ribut sama orang, lebih berhati-hati dengan ucapan kita dan sebagainya,” pesan Angelina.

Tutup

Sejarah dan makna shio Naga

Sejarah dan makna <i>shio</i> Naga

Naga adalah simbol kekuatan, kehormatan dan kekuasaan dalam kebudayaan China yang sampai saat ini dapat dilihat melalui astrologi asal China yaitu shio yang muncul dalam urutan ke-5. Namun ternyata ada sejarah panjang mengapa shio naga ini dianggap istimewa oleh masyarakat keturunan China.

Pengamat budaya China Universitas Indonesia Agni Malagina M. Hum menerangkan kepada ANTARA, Rabu (13/12), tentang asal-usul kisah shio yang diadakan oleh kaisar Giok atau kaisar langit yang memerintah sejak 2070 sampai 1600 sebelum masehi. Diceritakan bahwa kaisar ini mengadakan perlombaan untuk hewan-hewan di bumi, dan yang menduduki posisi tertentu akan diberikan kehormatan sebagai pengawal pribadinya. Menariknya, naga yang dianggap istimewa ini justru menduduki posisi ke-5 dalam perlombaan tersebut.

“Si Naga itu dia terlambat ke posisi karena dia harus menolong dulu memberi hujan ke sebuah kampung gitu ya, untuk penduduk yang udah kekeringan. Terus ketika dia datang masuk ke sungai itu, dia ngeliat kelinci sudah sangat lemah, gitu ya, karena tidak kuatnya dan dia menghembuskan angin untuk mengantar si kelinci ini sampai ke tepian,” jelas Agni.

Keterlambatan naga menduduki posisi ke-5 disebabkan oleh sifat dermawannya. Naga terlalu sibuk menolong orang lain, bahkan membantu kelinci, pesaingnya dalam perlombaan tersebut.

Jika ditelaah lebih dalam, kata Agni, sebenarnya semua hewan yang direpresentasikan di 12 shio di kebudayaan China adalah hewan-hewan biasa, akan tetapi berbeda dengan naga.

“Kalau di kebudayaan China itu, dia termasuk salah satu hewan mitologi ya. Di antara 12 shio itu cuma naga yang aneh sendiri. Naga juga di antara hewan-hewan mitologi ini kan juga sebagai simbol yang terkuat, salah satu yang terkuat dia lambang kekuasaan dia lambang kemuliaan, kekuatan, sukses, keberuntungan,” jelas Agni.

Hewan mitologi yang satu ini memiliki banyak makna di kebudayaan China, salah satunya adalah kemuliaan dan kekuasaan bagi penguasa atau kaisar. Maka dari itu, simbol-simbol naga dalam budaya China tidak boleh digunakan sembarangan orang.

Hal itu pun tetap terjadi di budaya masyarakat keturunan China masa kini, mereka masih menginginkan simbol-simbol hadir melalui anak yang bershio naga. Seperti yang muncul di media belakangan ini, di Indonesia dan Singapura, mereka ingin melakukan bayi tabung agar dapat mendapatkan bayi bershio naga di tahun 2024.

“Artinya apa dengan masa yang berbeda dengan cara yang berbeda mereka (masyarakat China) sama-sama ingin mendapatkan benefit atau berkah atau apapun namanya ya dari shio naga,” ucapnya.

Agni sendiri bukan merupakan keturunan China secara langsung dari kedua orang tuanya. Darah China mengalir dari nenek buyutnya, tepatnya nenek dari pihak ibu. Tetapi kecintaannya terhadap budaya China mulai tumbuh seiring seringnya bermain dengan teman-teman keturunan China dan kegemaran menonton film-film China, seperti “Condor Heroes”, “White Snake Legend” hingga film-film yang diperankan Jet Li menjadi film favoritnya.

Dari penuturan Agni, ia mengatakan jika kebudayaan China memandang shio seperti filsafat hidup. Dia menambahkan bahwa shio adalah tuntunan dalam kehidupan individu masyarakat China.

“Penjelasan-penjelasan ‘shio’ ini gue pikir ya akan jadi satu guidance (tuntunan) gitu ya terus bagaimana kita menyikapi untuk kita (internal). Bagaimana kita bisa bersikap keluar (eksternal),” katanya.

Selain itu, shio juga mengandung makna penting tentang keharmonisan. Agni menerangkan jika shio lahir dari pemahaman yin dan yang yang berarti kekuatan dan kelemahan saling melengkapi hingga melahirkan keharmonisan dalam kehidupan.

“Ada prinsip yin dan yang sama shio. Kekuatan dan kelemahan mereka itu seimbang untuk saling mengatasi gitu itu. Jadi untuk keharmonisan,” terang Agni.

Lalu, Agni berpesan kepada anak-anak muda keturunan China yang sudah meninggalkan budaya shio untuk terus dapat menggali akar budaya karena dapat memperkuat identitas masyarakat di tengah gempuran globalisasi.

“Gue emang encourage (menyemangati) mereka untuk ‘yuk kenalin lagi budaya kita’, karena gak ada salahnya loh mengandung unsur kebaikan gitu loh. Iya, karena kita masih tau akar kita, kenapa kita gak mencoba untuk menggali karena hal itu akan memperkuat jati diri kita sih, identitas kita,” pesan Agni.

Agni menuturkan perhitungan shio merupakan salah satu ragam budaya yang seharusnya saling dihargai.

“Maka hormatilah kalau lo gak suka ya gak usah lo pake juga gak masalah gitu kan. Kalau lo suka itu jangan lo kultuskan,” kata Agni dalam berpesan kepada masyarakat.

Tutup

Ramalan shio naga di tahun 2024

Ramalan <i>shio</i> naga di tahun 2024

“Sebenarnya bukan faktor-faktor apa yang membentuk shio seseorang tetapi shio seseorang membentuk komposisi apa,” kata ahli fengsui asal Batam Lely LV, tentang ramalan shio naga di tahun 2024 kepada ANTARA, Jumat (21/12).

Lely menerangkan jika dalam melihat ramalan shio naga di tahun 2024, bukan dari shio naganya tetapi unsur apa yang paling kuat di tahun tersebut.

“Semisal ya kita bilang tahun naga yang akan datang kan tahun 2024. Naganya naga kayu ya, yang kita peduli yang kita lihat pertama dulu bukan shio naganya tapi di tahun naga itu unsur apa yang paling kuat misalnya unsur kayu,” kata Lely menjelaskan

Dengan melihat unsur yang saling kombinasi dengan tahun shio, misalnya tahun naga kayu di 2024, tahun depan akan penuh dengan pertumbuhan karena posisi kayu berada di atas tanah dan merupakan gudangnya air.

Analisa terhadap shio hanya satu dari delapan faktor yang dianalisis dalam chinese metaphysics (metafisika China). Sehingga menelisik peruntungan shio saja tidak cukup. Unsur-unsur yang berkombinasi dengan shio, ramalan bintang dan hal lainnya dalam chinese metaphysics juga wajib masuk pertimbangan menentukan peruntungan.

“Nah, kalau di teknis metafisika, dia juga ada misalnya bintang, dia kategorinya bintang ya. Contohnya tahun depan, kita kategori matahari gelap, bintang mataharinya gelap. Nah bintang mataharinya gelap itu cenderung bagi kesehatan tidak bagusnya adalah mata, otak,” ungkap Lely.

Ia mengungkapkan juga ramalan umum terhadap semua shio termasuk shio naga di tahun 2024 melalui ramalan bintang ternyata harus mewaspadai kesehatan terutama di bagian mata dan otak. Menurut Lely, jika tidak diwaspadai dapat menimbulkan penyakit stroke (lumpuh) atau jantung.

Kemudian tentang tahun naga pada 2024, Lely memperingatkan kepada masyarakat agar dapat bijak dalam memilih aksesoris naga. Jika seseorang bukan bershio naga, namun memajang atau mengoleksi barang-barang dengan bentuk atau ukiran naga termasuk tato maka kemungkinan dapat terjadi ciong (menabrak) atau tidak beruntung.

“Tidak semua shio boleh memakai perhiasan shio atau tato shio di badannya. Dengan menggunakan tato shio dirinya sendiri di badannya berarti melakukan self-punishment (menghukum diri sendiri),” tulis Lely dalam akun Instagram miliknya @lelylv.official.

Tindakan self-punishment tersebut berarti melakukan hal yang sudah diketahui sebagai hal yang salah namun tetap saja dilakukan. Jadi untuk yang bershio naga tidak dianjurkan untuk menggunakan aksesoris, perhiasan ataupun tato naga di tubuhnya.

Memasuki tahun naga kayu, Lely pun berpesan kepada masyarakat agar terus menjaga kesehatan, berwaspada dan mengharapkan pertumbuhan baru di tahun naga kayu.

“Pertama, jaga kesehatan karena tahun depan kan mataharinya gelap itu cenderungnya menurut saya adalah hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan. Kedua adalah mungkin lebih mengikuti aturan cenderung perhatikan bahwa ada sistem baru yang muncul. Kita bermain sebagai safety player (pemain aman) itu jauh lebih aman. Nah, ketiga itu kan kita ngambil adalah unsur kayunya, unsur kayu itu pertumbuhan jadi lebih bersemangat,” pesan Lely.

Selaras dengan hal tersebut, dosen Sastra China di Bina Nusantara Dr. Yi Ying, S.S., M.Lit., M.Pd turut menyampaikan kepada ANTARA, Selasa (12/12) bahwa di tahun naga kayu ini, masyarakat perlu mawas diri, mengingat tahun depan adalah tahun politik. Terutama, untuk orang-orang yang berencana investasi secara besar-besaran.

“Kita juga gak tahu kondisi politik ya. Dan yang investor-investor asing juga memantau nih Indonesia bagaimana. Siapa nih? Ya karena presidennya. Jadi itu juga perlu diantisipasi oleh orang yang ingin investasi atau mengembangkan bisnisnya. Ya untuk lebih bijak,” kata Yi Ying.

Ia juga menambahkan saran kepada masyarakat untuk menyiapkan beberapa rencana di tahun depan. Mengingat tahun-tahun sebelumnya, banyak hal yang mengejutkan terjadi.

“Saran saya saja sih ya jangan berharap cuan tapi juga harus memikirkan risiko. Semua sisi harus dipikirkan dan jangan cuma satu planning aja dalam hidup. Plan A, B, C,” pesan Yi Ying.

Tutup

Kepribadian shio naga

Kepribadian <i>shio</i> naga

“Meskipun terikat dengan berbagai keistimewaan, shio naga tidak luput dari kekurangan,”

Ucap pengamat budaya China dari Universitas Indonesia Agni Malagina M. Hum ketika menyebutkan orang dengan kepribadian shio naga sebagai seorang yang dianggap istimewa karena memiliki keunggulan sebagai seorang pribadi.

“Dia (orang shio naga) dianggap punya kekuatan dia bisa jadi pemimpin yang tegas, bahkan ambisius, inovatif, berani untuk mencapai tanggung jawab itu. Dia kan akan berusaha sekuat mungkin,” kata Agni kepada ANTARA pada Rabu, (13/12), tentang kelebihan shio naga.

Orang dengan shio naga sering dikaitkan dengan kepemimpinan, karena sikap tegas dan prinsip yang kuat. Melalui dua sikap ini, mereka dianggap mampu memimpin dengan baik dan tidak digoyahkan oleh pengaruh orang lain.

Kemudian mereka juga dikenal ambisius dan berani untuk melakukan yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan, bahkan dengan melakukan segala cara.

“Dia akan berusaha sekuat mungkin orang mungkin melihatnya ini sebagai ambisius menghalalkan segala cara untuk bisa mencapai tujuannya,” jelas Agni.

Ia menerangkan jika hal inilah yang menjadi kekurangan dari shio naga, mereka menjadi sering disalahpahami. Karena sikap tegas dan ambisius, mereka mungkin dilihat sebagai pribadi yang cocok menjadi pemimpin, tetapi di sisi lain mereka dilihat juga sebagai orang yang tidak mampu bersimpati. Padahal, shio naga sangat gemar sekali untuk menolong orang lain.

“Si naga itu dia terlambat ke posisi, karena dia harus nolong dulu ngasih hujan ke sebuah kampung gitu ya. Ia ngeliat kelinci sudah sangat lemah, gitu ya, karena gak kuatnya dan dia menghembuskan angin untuk mengantar si kelinci ini sampai ke tepian,” ujar Agni tentang kebaikan hati shio naga.

Sedikit berbeda dengan pakar fengsui Angelina Fang pada wawancara kepada ANTARA, Selasa (5/12) ketika berbicara mengenai karakter shio naga.

Menurut Angelina, untuk memahami karakter seseorang berdasarkan shio, maka harus dilihat juga ada elemen apa yang datang bersama shio tersebut.

“Jadi semisal naga itu mewakili elemen tanah besar. Jadi tanah besar ini bayangkan seperti gunung. Gunung yang besar dan tinggi. Apakah gunung bisa dipindah? Nggak bisa. Dia memiliki sifat yang stabil. Kalau api bisa meledak-ledak, kalau air bisa mengalir ke sana-sini, gitu ya. Kalau tanah, dia cenderung lebih stabil.” kata Angelina.

Angelina mengartikan bahwa elemen tanah ini bersifat tidak mudah goyah, artinya orang yang memiliki shio yang berelemen tanah berpendirian teguh.

Namun, jika dilihat dari sisi negatifnya, mereka cukup keras kepala, dan cenderung egois serta tidak fleksibel.

“Kemudian tanah besar juga punya sifat negatif. Keras kepala. Tidak fleksibel. Jadi sulit untuk berubah. Kemudian kadang terlalu jujur,” tambah Angelina.

Angelina menegaskan jika walaupun shio ada dua belas, namun penilaian kepribadian seseorang tidak bisa dibagi menjadi 12 saja. Ia menambahkan, mungkin kemiripan itu ada namun hanya 12 persen, sisanya harus menggunakan rumus untuk mengetahuinya.

“Jadi kelebihannya, kekurangannya itu adalah sekaligus karakteristik dari shio naga. Apakah semua shio naga yang lahir di tahun naga sifatnya sama? jawabannya 12,5 persen mirip,” ucap Angelina.

Tutup

Adakah perayaan khusus untuk shio naga?

Adakah perayaan khusus untuk <i>shio</i> naga?

Sebagian masyarakat Indonesia khususnya masyarakat keturunan China, akan segera mengakhiri tahun yang bershio kelinci air. Mereka berbondong-bondong menyambut tahun naga kayu yang jatuh pada tahun 2024 mendatang. Lalu, adakah perayaan khusus untuk menyambut tahun naga kayu tersebut?

Dosen Sinologi Universitas Bina Nusantara Dr. Yi Ying, S.S., M.Lit., M.Pd menyampaikan kepada ANTARA, Selasa (12/12), bahwa tidak ada perayaan khusus untuk shio tertentu dari keseluruhan 12 shio yang ada.

“Di 12 shio yang ada, tidak ada satu pun shio yang dirayakan secara khusus ya, tapi perayaan berdasarkan hari budaya dari China, misalnya Imlek makan bakcang ya perahu naga gitu, terus ini makan kue bulan itu baru yang dirayakan besar-besaran sedangkan untuk shio itu tidak pernah dirayakan sama sekali,” kata Yi Ying.

Yi Ying menjelaskan bahwa banyak orang yang menginginkan buah hati lahir di tahun naga namun sebenarnya tidak ada perayaan secara eksklusif ditujukan untuk satu shio tertentu di antara dua belas shio yang ada.

Tahun naga dianggap istimewa karena dipercaya secara turun-temurun dalam budaya China sebagai masa di mana shio tersebut dipandang cerdas, memiliki ambisi tinggi, dan bersifat kepemimpinan.

“Jadi berharap supaya anaknya sukses menjadi tokoh terkenal dengan memakai karakter binatang naga seperti itu jadi kalau punya anak shio naga, mereka yakin anaknya akan sukses anak yang hebat seperti itu,” ucap Yi Ying.

Dosen sekaligus seorang peneliti ini menyampaikan bahwasannya persepsi dan kepercayaan yang kuat dalam masyarakat, menciptakan dorongan untuk mendapatkan keturunan di tahun naga. Fenomena ini menjadi seperti perlombaan untuk memiliki anak dengan shio naga, diyakini membawa berkah dan keberuntungan.

Kesadaran akan keistimewaan shio naga membentuk keyakinan yang kokoh, memunculkan harapan akan kemakmuran dan kesuksesan bagi generasi mendatang.

Di samping itu, Yi Ying menjelaskan simbol naga sendiri kerap ditemui menjadi simbol yang muncul dalam patung-patung penjaga di klenteng sebagai bagian dari struktur rumah ibadah dalam komunitas masyarakat keturunan China.

Selain itu, naga juga sering dijadikan sebagai metafora untuk menggambarkan sosok seorang raja atau pemimpin yang tercermin dalam ukiran yang menghiasi dinding dan pagar klenteng.

“Memang naga itu adalah suatu yang besar ya, jadi naga itu cerdas yang memiliki mimpi tinggi dan mereka melambangkan sifat kepemimpinan sehingga di kerajaan-kerajaan di China itu,” kata Yi Ying.

Tidak hanya itu, Yi Ying juga menerangkan bahwa naga dianggap sebagai simbol yang sarat makna dan dihormati dengan tinggi. Masyarakat keturunan China percaya, naga yang melambangkan keberuntungan merupakan pasangan yang sempurna dengan angka sembilan.

“Pada bahasa mandarin, bunyi angka sembilan mirip dengan kata jiu yang berarti selamanya atau abadi. Oleh karena itu, angka sembilan dianggap membawa konotasi positif, kemakmuran, dan kesuksesan,” terang Yi Ying.

Ia menambahkan, kombinasi naga dan angka sembilan sering kali dianggap sangat menguntungkan, dengan harapan bahwa kehadiran naga yang melambangkan keberuntungan bersama dengan energi positif dari angka sembilan, dapat membawa keberhasilan yang berkelanjutan dan keberuntungan yang tak terbatas.

Kedua simbol ini sering digunakan dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari, termasuk seni, dekorasi, dan perayaan tradisional.

Terkait shio, Yi Ying juga menambahkan bahwa sebaiknya jangan terlalu menyerahkan nasib ke shio tertentu, karena sejatinya terdapat dua belas shio dalam keseluruhan siklus di mana setiap shio memiliki karakternya masing-masing, terlalu banyak berharap cuan atau untung hanya karena tahun naga harus diiringi dengan usaha oleh orang itu sendiri.

Tutup

Menangkap kelahiran buah hati di tahun naga kayu

Menangkap kelahiran buah hati di tahun naga kayu

Tahun naga kayu, yang dipercaya sebagai tahun baik untuk melahirkan dan memiliki anak dalam penanggalan China, telah mendorong peningkatan minat pasangan suami-istri untuk memiliki anak. Menjelang tahun naga kayu ini, sudah banyak pasangan suami-istri yang telah berkonsultasi untuk melakukan program hamil seperti bayi tabung.

Hal ini dikonfirmasi oleh salah satu rumah sakit di Jakarta, yakni Eka Hospital.

“Iya benar, ada kenaikan jumlah pasien untuk mengikuti program hamil,” kata Manager CoE Women & Child Eka Hospital Group dr. Novarti Zahrotunisa kepada ANTARA, Selasa (2/1).

Dari fenomena yang disebut baby dragon (bayi naga) ini, Meidina Allamu salah satu ibu yang mengikuti program hamil jelang tahun naga kepada ANTARA, Rabu (27/12), menyampaikan bahwa ia turut mengikuti program tersebut. Meidina mengaku termakan konten di media sosial yang mengatakan tahun shio naga adalah waktu terbaik untuk mempunyai anak.

“Terus aku kayak ngeliat aku tuh korban sosial media, tahun naga ini kayak cuman berapa tahun sekali gitu. Itu kan sebenarnya konten sosial media, cuman buat aku yang kayak eh bagus juga nih gitu,” ucap Meidina.

Selain dari media sosial, ia juga melihat sendiri tingginya antusiasme orang-orang mencairkan embrio yang beku untuk program hamil di rumah sakit tempat ia bekerja sejak bulan Agustus 2023.

“Tapi aku kan kerja di hospital (rumah sakit) juga. Kemarin tuh yang di rumah sakit ibu dan anak itu kebetulan aku lagi di sana banyak tuh yang mereka embryo freezing (pembekuan embrio). Nah mereka minta dibuahi untuk di tahun ini. Itu maksud aku real (nyata),” ucap Meidina mengungkapkan.

Walaupun Meidina bukan orang keturunan China, ibu satu anak yang tengah hamil empat bulan ini berharap buah hatinya yang akan lahir di tahun naga kayu memiliki keberuntungan serta hal-hal baik akan terus menghampirinya.

“Harapan pasti kalau anak yang baik-baik ya. Seperti misalnya sesimpel kayak semoga anaknya beruntung gitu. Kalau keberuntungan itu gak semua orang bisa orang punya gitu,” tutur Meidina.

Mengingat banyaknya ibu hamil yang ingin melahirkan bayi di tahun naga kayu mendatang, Meidina mempertimbangkan pula waktu atau booking (pesan) tempat persalinan jauh-jauh hari untuk mengantisipasi penuhnya rumah sakit bersalin.

“Ternyata harus lebih cepat atau lebih lama. Takutnya rumah sakitnya penuh sih. Jadi sebenarnya booking rumah sakit itu bisa menjadi opsi baik untuk ibunya. Saking banyaknya orang-orang yang pengen lahiran di tahun naga itu. Jadi untuk mengantisipasi itu mendingan booking dulu ya,” Meidina menerangkan.

Terkait program hamil agar dapat melahirkan di tahun naga kayu, Dr. dr. Ferdhy Suryadi Suwandinata, Sp.OG (K-FER) selaku Dokter Spesialis Obgyn dari RSIA Grand Family menambahkan dalam seminarnya yang bertajuk “Seminar Awam Baby Dragon” dari Eka Hospital di bulan November 2023, bahwa setiap pasangan pasti memiliki kesempatan untuk bisa hamil, oleh sebab itu perlu dilakukan pemeriksaan dulu untuk dicari tahu ada masalah atau tidak. Dari pemeriksaan tersebut, dokter dapat membantu membentuk program kehamilan yang akan dipersonalisasi baik itu inseminasi maupun bayi tabung.

“Hal ini dikarenakan setiap pasangan memiliki masalah dan tingkat kesuksesan yang berbeda,” dr. Ferdhy menjelaskan.

Dalam menjaga kehamilan jelang tahun naga kayu, SpOG- Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RSIA Grand Family & RSIA Family dr. Febriyan Nicolas mengingatkan kepada para ibu hamil untuk menikmati kehamilan mereka hingga masa menyusui.

“Perlu diingat, ibu hamil maupun melahirkan bukan orang sakit sehingga hal pertama yang harus dilakukan adalah ‘enjoy your pregnancy, delivery untill breastfeeding’ (nikmati kehamilanmu, persalinan hingga menyusui),” kata dr. Febriyan kepada ANTARA, Rabu (27/12).

Dokter yang bekerja di Eka Hospital Group tersebut juga menekankan kepada ibu hamil untuk menjaga kesehatan mental.

“Dengan demikian mental health (kesehatan mental) dari seorang ibu hamil, melahirkan dan menyusui akan lebih terjaga,” ucap dr. Febriyan.

Selain itu, ia juga berpesan untuk melakukan persiapan fisik. Persiapan fisik penting untuk menunjang kelancaran persalinan. Senam hamil secara rutin sangat direkomendasikan terutama bagi ibu yang ingin melahirkan secara normal.

“Persiapan melahirkan di tahun naga kayu pada prinsipnya sama saja dengan melahirkan pada umumnya, sebaiknya sudah mulai rutin melakukan senam hamil sejak usia kehamilan di atas 28 minggu agar terbiasa melakukan proses meneran dan menghadapi persalinan normal,” dr. Febriyan menjelaskan.

Bagi ibu yang berencana untuk melahirkan secara caesar, lanjut dr. Febriyan, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan tentang tanggal yang tepat untuk operasi.

“Sementara untuk pasien dengan rencana operasi caesar, maka rencanakan sebaik-baiknya dengan dokter kandungan moms tanggal berapa yang baik untuk melakukan operasi caesar setelah usia kehamilan cukup bulan dan berat janin juga sudah cukup,” dr. Febriyan melanjutkan.

Terakhir, ia memberi catatan kepada ibu hamil untuk melakukan kontrol kehamilan rutin. Kontrol kehamilan rutin penting untuk memantau kondisi kesehatan ibu dan janin.

“Hal lain yang terpenting adalah tetap lakukan kontrol kehamilan rutin sesuai saran dan instruksi dokter kandungan moms hingga waktu bersalin nantinya,” pesan dr. Febriyan.

Tutup