Jakarta (ANTARA) - Bintang Oklahoma City Thunder, Dennis Schroeder, diyakini bakal memimpin tim nasional bola basket putra Jerman dalam putaran final Piala Dunia FIBA 2019 di China mulai 31 Agustus nanti.

Schroeder sebagaimana data yang diumumkan Kamis WIB menjadi bagian trio NBA yang dipanggil memperkuat roster sementara Jerman berisikan 16 pemain, bersama Daniel Theis (Boston Celtics) dan Maximilian Kleber (Dallas Mavericks).

"Dipimpin Schroeder, kami bakal punya tim yang bermain cepat sebab ia salah satu pemain tercepat di dunia dan mau tak mau Anda harus menempatkan pemain yang bisa mengimbangi kecepatannya di sekeliling dia," kata Rodl dilansir laman resmi FIBA.

Trio NBA tersebut besar kemungkinan bakal masuk dalam roster akhir Jerman yang diboyong ke China nanti, tentunya jika mereka tak mengalami demam pengunduran diri dari para pemain NBA seperti yang diderita Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru.

Baca juga: Fakta Piala Dunia FIBA 2019, format baru hingga debut Ceko-Montenegro

Kombinasi Schroeder dan Theis sudah teruji dalam penampilan Jerman di Piala FIBA Eropa 2017, sementara Kleber yang bakal melakoni debut di kompetisi resmi sudah berperan krusial dalam fase kualifikasi zona Eropa.

Ia mencetak poin buzzer-beater krusial dalam putaran kedua kualifikasi Eropa melawan Israel yang memaksa laga dilanjutkan ke babak overtime hingga dimenangi Jerman 112-98 di Leipzig pada 16 September 2018.

Selain trio NBA tersebut, Jerman juga sementara ini diperkuat oleh pemain-pemain berpengalaman seperti Niels Giffey, Robin Benzing, Danilo Barthel, Johannes Voigtmann dan Paul Zipser.

"Para pemain besar kami juga punya mobilitas tinggi," kata Rodl.

"Theis, Barthel, Voigtmann dan Kleber membuat kami bisa bersaing dengan negara manapun, dan mereka sangat cocok dengan gaya bermain Schroeder," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Termuda di timnas Korsel, Heo Hoon termotivasi unjuk kebolehan

Rodl juga mengundang sejumlah pemain muda seperti Isaac Bonga, Karim Jallow dan Mortiz Wagner yang menurutnya bakal dipantau apakah sudah cukup mampu untuk memikul tanggung jawab besar di China nanti.

Jerman bakal memulai rangkaian persiapan mereka pada Senin (5/8) dan menjalani laga pemanasan melawan Swedia pada Minggu (11/8). Mereka juga bakal menggelar turnamen pemanasan VTG Supercup di Hamburg, yang diikuti sejumlah negara yang lolos ke China yakni Polandia dan Republik Ceko.

Di China, Jerman tergabung di Grup G bersama Prancis, Republik Dominika dan Yordania serta bakal melakoni seluruh pertandingan penyisihan grup di Shenzhen.

Prancis bakal jadi lawan pertama Jerman pada 1 September diikuti Dominika dan Yordania tiap dua hari berselang.

Baca juga: Gobert tegaskan Prancis tak cuma mau numpang main di China

Berikut daftar roster sementara Jerman berisikan 16 pemain:

Andreas Obst (guard), Daniel Theis (forward/center), Danilo Barthel (forward/center), Dennis Schroeder (guard), Isaac Bonga (guard), Ismet Akpinar (guard), Johannes Thiemann (forward/center), Johannes Voigtmann (forward/center), Joshiko Saibou (guard), Karim Jallow (guard/forward), Maodo Lo (guard), Maximilian Kleber (forward), Moritz Wagner (forward/center), Niels Giffey (guard/forward), Paul Zipser (forward), Robin Benzing (forward)

Pelatih kepala: Henrik Rodl

Baca juga: Diperkuat pemain jebolan Summer League, Jepang siap bersaing di China

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019