Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Italia pada Senin mengumumkan 24 pemain yang bakal mengikuti penyaringan untuk membentuk roster menuju Piala Dunia FIBA 2019, yang di antaranya mengundang dua bintang NBA Marco Belinelli dan Danilo Gallinari.

Selain Belinelli yang membela San Antonio Spurs dan Gallinari di Los Angeles Clippers, Italia juga turut mengundang Nicolo Melli, pemain yang dua musim terakhir membela klub Turki Fenerbahce di EuroLeague dan baru saja dikabarkan diboyong klub NBA New Orleans Pelicans.

Belinelli musim lalu tampil 79 kali membela Spurs dengan rataan 10,5 poin per gim sedangkan Galinari baru saja menyelesaikan musim terbaiknya di NBA bersama Clippers dengan catatan rata-rata 19,8 poin dan 6,1 rebound di musim reguler.

Baca juga: Pelicans boyong bintang Eropa Nicolo Melli dan JJ Redick

Rekan Melli di Fenerbahce, Luigi Datome juga termasuk sejumlah pemain Italia yang bermain di luar negeri dan dipanggil mengikuti saringan roster timnas jelang Piala Dunia FIBA di China pada 31 Agustus s.d. 15 September 2019.

Selain itu terdapat juga pemain keturunan Amerika Serikat Daniel Hackett yang bermain di CSKA Moskow, Alessandro Gentile (Estudiantes) dan Davide Moretti (Universitas Texas Tech).

Vitali bersaudara, Michele dan Luca, yang turut berperan dalam kelolosan Italia ke putaran final Piala Dunia FIBA 2019 juga ambil bagian dalam saringan terakhir.

Pelatih kepala Romeo Sacchetti akan mengumpulkan pemain di Milan pada 22 Juli 2019 sebelum diboyong ke Pinzolo guna mengikuti rangkaian pertandingan pemanasan pada 23-29 Juli.

Italia kembali mengikuti putaran final Piala Dunia FIBA 2019 setelah absen dalam dua edisi sebelumnya, dengan prestasi terbaik sebagai peringkat keempat pada edisi 1970 dan 1978.

Di China, Italia tergabung di Grup D bersama Angola, Filipina dan Serbia.

Seluruh pertandingan Grup D bakal digelar di Foshan dan Italia memulai kiprah mereka dengan menghadapi Filipina pada 31 Agustus sebelum kemudian melawan Angola dan Serbia tiap dua hari berselang.

Baca juga: Serbia umumkan "roster" awal untuk Piala Dunia Basket

Berikut 24 pemain yang dipanggil mengikuti saringan terakhir roster Italia untuk Piala Dunia FIBA 2019:

Awudu Abass (forward), Pietro Aradori (forward), Marco Belinelli (guard), Paul Biligha (center), Jeff Brooks (forward), Andrea Cinciarini (forward), Luigi Datome (forward), Amedeo Della Valle (guard), Ariel Filloy (guard), Diego Flaccadori (guard), Danilo Gallinari (forward), Alessandro Gentile (guard/forward), Daniel Hackett (guard), Nicolò Melli (forward),Riccardo Moraschini (guard/forward), Davide Moretti (guard), Davide Pascolo (forward), Achille Polonara (forward), Giampaolo Ricci (forward), Brian Sacchetti (forward), Amedeo Tessitori (center), Stefano Tonut (guard), Luca Vitali (guard), Michele Vitali (guard)

Pelatih kepala: Romeo Sacchetti

Baca juga: Bradley Beal bidik satu tempat roster AS untuk Piala Dunia

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aris Budiman
Copyright © ANTARA 2019