Sungailiat,Bangka (ANTARA) - Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan mengajak umat Islam di daerahnya untuk turut meriahkan takbir keliling Lebaran 1440 H.

"Saya mengajak umat Islam untuk turut memeriahkan takbir keliling kota pertanda menyambut lebaran," katanya di Sungailiat, Senin.

Dia mengatakan, takbir keliling malam lebaran sesuai jadwal pada Selasa (4/6) dimulai dan berakhir di Masjid Agung Sungailiat.

"Saya mengimbau, bagi peserta takbir keliling malam lebaran nantinya, tetap mematuhi ketentuan seperti dilarang menggunakan kendaraan dengan kebut-kebutan karena dapat mengakibatkan kecelakaan yang merugikan dirinya sendiri maupun orang lain," jelasnya.

Bupati juga mengingatkan warga yang melakukan mudik lebaran agar memperhatikan kondisi keamanan rumahnya saat ditinggal pergi.

"Saya ingatkan masyarakat yang mudik lebaran agar kondisi rumah harus benar-benar dalam terkunci, air tertutup, tidak mencolokkan listrik yang dapat berbahaya, tidak memasang tabung gas termasuk melapor ke RT setempat," jelasnya.

Kabag Kesra Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rahmani mengatakan, peserta takbir keliling diperkirakan mencapai lebih 100 peserta.

"Diperkirakan tahun ini takbir keliling malam lebaran diikuti lebih dari 100 peserta dari seluruh organisasi Islam termasuk remaja masjid, jumlah tahun sebelumnya mencapai 200 peserta dari organisasi atau kelompok Islam," katanya.

Pewarta: Kasmono
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019