Makassar (ANTARA) - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VI (Lantamal) Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono menyampaikan beberapa poin penting tentang ideologi Pancasila pada peringatan Hari Kelahiran Pancasila saat upacara di Lapangan Arafuru, Markas Komando Lantamal VI.

"Pancasila adalah ideologi bangsa Indonesia dan harus tetap ditanamkan kepada setiap orang hingga anak cucu di masa mendatang," ujar inspektur upacara Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono di Makassar, Sabtu.

Dalam upacara itu dirinya membacakan sambutan pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Hariyono yang mengatakan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa.

Dia mengatakan Pancasila merupakan peninggalan dari para pahlawan "pendiri bangsa" dan merupakan suatu anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

Karena itu, lanjut dia, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan oleh semuanya, rakyat Indonesia.

"Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologi dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang yang inklusif," katanya.

Pada upacara tersebut Mayor Laut (P) Sulang Priambodo didaulat menjadi komandan upacara. Kesehariannya Mayor Sulang adalah sebagai Komandan Kapal Angkatan Laut (Kal) Birang I.6-61 Lantamal VI.

Meskipun peringatan hari kelahiran Pancasila dilaksanakan pada bulan Ramadhan, peringatannya yang secara sederhana tersebut tidak mengurangi kekhidmatan, apalagi saat saat pembacaan naskah Pancasila oleh inspektur upacara.
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2019