Stockholm (ANTARA) - Maskapai Skandinavia SAS membatalkan lebih 1.200 penerbangan yang dijadwalkan pada Senin dan Selasa sementara pemogokan pilot yang telah mengganggu rencana perjalanan ribuan penumpang memasuki hari ketiga pada Minggu.

Para pilot SAS melanjutkan pemogokan pada Jumat karena pembicaraan mengenai pengupahan gagal. Akibatnya sekitar 70 persen penerbangan maskapai itu dibatalkan dan berdampak kepada 280.000 penumpang termasuk pembatalan terbaru.

"Kami sangat menyesal bahwa para pengguna jasa kami terkena dampak oleh pemogokan pilot saat ini dan SAS sekarang membatalkan penerbangan pada Senin dan Selasa," kata perusahaan penerbangan itu dalam satu pernyataan.

"Pemogokan itu akan berdampak pada 61.000 penumpang lagi pada Senin ketika 667 penerbangan dibatalkan di seluruh wilayah Skandinavia. Pada Selasa 49.000 orang dan 546 keberangkatan akan terkena dampak."

Perundingan SAS, serikat pilot Denmark dan Swedia, dan asosiasi karyawan Norwegia NHO mengalami kebuntuan dan belum ada tanda-tanda mereka mencapai kesepakatan pada Minggu pagi. Kontrak kerja baru juga belum disinggung.

Maskapai yang dibentuk setelah Perang Dunia II dan sebagian sahamnya dimiliki oleh pemerintah Swedia dan Denmark itu mengatakan siap kembali ke meja perundingan tetapi memperingatkan bahwa menyetujui tuntutan para pilot akan menimbulkan kerusakan yang parah kepada perusahaan.
 

Penerjemah: Mohamad Anthoni
Editor: Eliswan Azly
Copyright © ANTARA 2019