Minyak mentah menguat ke level tertinggi lima bulan dan logam-logam industri terangkat, berpotensi mencerminkan pergeseran dari pandangan Goldilocks ke sikap yang lebih berorientasi pada pertumbuhan
Sydney (ANTARA) - Pasar saham Australia dibuka lebih rendah pada perdagangan Selasa pagi, meskipun saham-saham energi melonjak, terbebani oleh saham-saham bank dan penambang.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 turun 4,10 poin atau 0,066 persen menjadi diperdagangkan pada 6.217,30 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas turun 0,30 poin atau 0,0048 persen pada 6.310,50 poin.

Sektor energi berkinerja paling baik di pasar saham Aussie dengan melonjak lebih dari 1,4 persen, ditopang oleh kenaikan harga minyak ke level tertinggi dalam lima bulan.

"Minyak mentah menguat ke level tertinggi lima bulan dan logam-logam industri terangkat, berpotensi mencerminkan pergeseran dari pandangan Goldilocks ke sikap yang lebih berorientasi pada pertumbuhan," kata kepala strategi pasar CMC Market, Michael McCarthy.

Namun indeks yang lebih luas cenderung sebagian besar lebih rendah, saham-saham komunikasi dan utilitas merosot sementara sektor perbankan dan pertambangan kelas berat juga terseret turun.

Sementara sektor perawatan kesehatan dan consumer discretionaries mengelola kenaikan moderat, mencegah kemerosotan yang lebih dramatis untuk indeks.

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia melemah, dengan Commonwealth Bank turun 0,44 persen, Westpac Bank turun 0,14 persen, ANZ turun 0,43 persen dan National Australia Bank turun 0,36 persen.

Saham-saham pertambangan sebagian besar lebih tinggi, dengan Rio Tinto naik 0,37 persen, Fortescue Metals naik 1,88 persen dan BHP naik 0,23 persen, namun penambang emas Newcrest turun 0,60 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas melonjak, dengan Oil Search naik 1,38 persen, Santos naik 2,35 persen, dan Woodside Petroleum naik 1,88 persen.

Supermarket terbesar Australia beragam, dengan Coles naik 0,08 persen dan Woolworths turun 0,89 persen.

Sementara itu raksasa telekomunikasi Telstra merosot 0,31 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas turun 0,86 persen dan perusahaan biomedis CSL menguat 0,54 persen.

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019