Masyarakat Kabupaten Lebak diminta meningkatkan kewaspadaan bencana longsor menghadapi cuaca buruk dengan tingginya curah hujan intensitas sedang hingga berlangsung di atas tiga jam.
Lebak (ANTARA) - Masyarakat Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, diminta meningkatkan kewaspadaan bencana longsor menghadapi cuaca buruk dengan tingginya curah hujan intensitas sedang hingga berlangsung di atas tiga jam.

"Kami menyampaikan peringatan dini khususnya masyarakat yang tinggal di pegunungan dan perbukitan agar meningkatkan kewaspadaan bencana longsor," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Kaprawi saat dihubungi di Lebak, Rabu.

Kewaspadaan bencana alam tersebut, mengingat curah hujan di sejumlah daerah di Kabupaten Lebak dilanda hujan dengan intensitas sedang.
Curah hujan berlangsung hingga di atas tiga jam, sehingga khawatir menimbulkan bencana longsor.

Apalagi, warga di Desa Sudamanik Kecamatan Cimarga dan Desa Gunung Wangun Kecamatan Cibeber sejak sebulan lalu mengalami pergerakan tanah.

Bahkan, ratusan rumah warga setempat terjadi kerusakan hingga di antaranya roboh.

Karena itu, BPBD merekomendasikan masyarakat yang terdampak bencana akan dilakukan relokasi ke tempat yang lebih aman.

"Kami berharap kewaspadaan itu dapat mengurangi risiko kebencanaan agar tidak menimbulkan korban jiwa," ujarnya menjelaskan.

Menurut dia, selama ini wilayah Kabupaten Lebak masuk daerah zona merah bencana longsor, karena topografinya perbukitan dan pegunungan.

Apabila, menghadapi cuaca buruk kondisi tanah gempur sehingga rawan terjadi longsoran.

Saat ini, lokasi yang masuk zona merah bencana longsor tersebar di Kecamatan Gunungkencana, Banjarsari, Leuwidamar, Cikulur, Cimarga, Kalanganyar, Sobang, Cibeber, Cilograng, Cipanas, Bojongmanik, Cirinten, Sobang, Bayah, Cilograng, Cipanas,Panggarangan, Cigemblong dan Cijaku.

Berdasarkan laporan BMKG Serang diprakirakan sepekan ke depan wilayah Kabupaten Lebak yang ditandai hujan deras disertai angin kencang dan petir.

Curah hujan pada Rabu (6/3) mulai dini hari hingga sampai sore hari dilanda hujan kapasitas sedang.

"Kami mengingatkan masyarakat khususnya yang tinggal di daerah pegunungan dan perbukitan agar meningkatkan kewaspadaan bencana longsor," ujarnya menjelaskan.
 

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019