Pemerintah saat ini sedang menyiapkan delapan RPP (Rancangan Peraturan Pemerintah), salah satunya soal pendidikan bagi penyandang disabilitas




Jakart (ANTARA) - Pemerintah sedang menyiapkan aturan terintegrasi dan implementatif untuk mengakomodasi pemenuhan atas hak-hak penyandang disabilitas di Indonesia dalam bentuk Peraturan Pemerintah (PP).

"Pemerintah saat ini sedang menyiapkan delapan RPP (Rancangan Peraturan Pemerintah), salah satunya soal pendidikan bagi penyandang disabilitas," kata Staf Kantor Kepresidenen untuk Penyandang Disabilitas, Sunarman pada diskusi "Suara Penyandang Disabilitas Indonesia" di Media Center Cemara, Menteng, Jakarta, Selasa.

Sunarman menjelaskan, melalui RPP Penyandang Disabilitas yang sedang disusun, pemerintah ingin mengintegrasikan aturan-aturan yang mengakomodasi pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas. "Salah satunya aturan, soal peserta didik bagi penyandang disabilitas," katanya.

Menurut Sunarman yang akrab disapa Maman, pendidikan adalah salah satu isu krusial. "Apapun alasannya, seseorang harus sekolah, karena pendidikan adalah fundamental," kata Maman yang juga cacat pada kakinya.

Dia menjelaskan Capres Joko Widodo dalam Nawacita-nya menyampaikan, bahwa pendidikan adalah isu strategis dan prioritas sehingga pemerintah menaikkan anggaran pendidikan. "Ini menunjukkan pendidikan dapat dukungan finansial," katanya.

Maman melihat, bagaimana upaya meningkatkan anak didik penyandang disabilitas yang berkebutuhan khusus. Menurut dia, ada kendala transportasi umum, ada kendala paradigma keluarga, aturan yang belum lengkap. "Hal ini yang menjadi perhatian pemerintah, untuk mengakomodasi antara teori dan praktik di lapangan," katanya.

Dia mencontohkan, di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, tahun 2015, ada lebih dari 1000 anak penyandang disabilitas tetapi yang sekolah hanya sekitar 150 anak. "Setelah dilakukan sosialisasi pentingnya sekolah untuk masa depan, anak penyandang cacat yang sekolah pada 2018, sudah mencapai 650 anak," katanya.

Baca juga: Kemenkumham tekankan perlindungan hak penyandang disabilitas

Baca juga: Mensos: negara terus berupaya penuhi hak penyandang disabilitas

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019