konsumsi LPG 3 Kg diprediksi akan mengalami peningkatan jelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di wilayah Sumut.
Pekanbaru (ANTARA News) - PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I membentuk Satuan Tugas (Satgas) guna persiapan menyambut Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

"Tim satgas ini akan memantau keadaan di lapangan agar tidak ada kekurangan pasokan produk Pertamina ke masyarakat," kata General Manager (GM) PT Pertamina MOR, Agustinus Santanu Basuki melalui siaran persnya kepada antara di Pekanbaru, Selasa.

Agustinus Santanu Basuki mengatakan untuk kesiapan Bahan Bakar Minyak (BBM) pihak Pertamina memperkirakan akan ada lonjakan konsumsi tertinggi terjadi pada H - 3 Hari Natal, atau jatuh mulai pada 22 Desember 2018.

Saat itu estimasi volume penyaluran mencapai akan diperkirakan 13.955 kiloliter atau naik sebesar 23 persen dari konsumsi normal.

Dikatakan dia untuk memenuhi pasokan BBM ke masyarakat di Sumut akan disuplai dari 19 terminal BBM (TBBM) MOR I Sumbagut, yang terdiri dari lima TBBM di Provinsi Aceh yaituTBBM Sabang, TBBM Lhokseumawe, TBBM Krueng Raya, TBBM Meulaboh, TBBM Simeuluwe.

Lima TBBM di Provinsi Sumatera Utara yaitu TBBM Medan Group, TBBM Pematang Siantar, TBBM Kisaran, TBBM Sibolga dan TBBM Gunung Sitoli, tiga TBBM di Provinsi Riau yaitu TBBM Dumai, TBBM Sei Siak, dan TBBM Tembilahan, satu TBBM di Provinsi Sumatera Barat yaitu TBBM Teluk Kabung, lima TBBM di Provinsi Kepulauan Riau yaitu TBBM Kabil, TBBM Teluk Kijang, TBBM Natuna Group, TBBM Pulau Sambu, dan TBBM Tanjung Uban.

Lanjut Agustinus Santanu Basuki, guna menjaga pasokan bahan bakar, Pertamina MOR I telah mempersiapkan SPBU Kantong di enam lokasi yang menjadi pusat konsumsi BBM tertinggi di wilayah MOR l Sumbagut, yaitu Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Karo Provinsi Sumut, Kabupaten Agam dan Kabupaten Lima Puluh Koto Provinsi Sumbar, dan Kabupaten Kampar Provinsi Riau.

"Penyediaan kantong SPBU berupa mobil tangki dengan muatan BBM, agar pelayanan dan distribusi dapat lebih cepat mengantisipasi jalur yang padat di jalan," Agustinus Santanu Basuki.

Pertamina juga menyiagakan satu kios Pertamax di Jalan Tol Kualanamu Tebing Tinggi, dimana Kiosk Pertamax akan menyediakan bahan bakar dalam kemasan yang aman, sehingga praktis untuk dibawa.

Ia menambahkan untuk konsumsi LPG 3 Kg diprediksi akan mengalami peningkatan jelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di wilayah Sumut.

"Pertamina mengantisipasi lonjakan itu dengan menambah pasokan dan melakukan pendistribusian sesuai kebutuhan," pungkasnya.

Darto (48) warga Kampar, Riau mengaku kalau ia masih mudah mendapatkan premium di setiap hendak mengisi motor miliknya. Walau ada antrian tetapi masih normal.

"Sekarang masih mudah mendapatkan Premium, saya masih pakai itu karena gak punya uang beli Pertalite," ujarnya yang bekerja sebagai buruh di Pekanbaru.
Baca juga: Pertamina siapkan 3.687 SPBU beroperasi 24 jam hadapi liburan

Pewarta: Fazar Muhardi
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2018