Jakarta (ANTARA News) - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan jaringan telekomunikasi di Kota Palu, Sulawesi Tengah, mengalami masih putus setelah serangkaian gempa bumi mengguncang Kabupaten Donggala dan sekitarnya, pada Jumat (28/9).

"Situasi masih lumpuh, listrik padam dan komunikasi tidak bisa, terputus,” katanya kepada Antara di Jakarta, Sabtu malam, usai melakukan peninjauan ke Palu.

TNI akan berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika membantu perbaikan menara-menara komunikasi yang rusak akibat gempa.

"Saat ini, personel TNI melaksanakan evakuasi terhadap para korban di hotel yang roboh dan gedung lainnya," kata Panglima TNI, yang selama berada di Palu juga melakukan pemantauan dari udara menggunakan helikopter.

Dalam kunjungan kerja ke Palu, Panglima TNI mengikuti mengikuti Rapat Koordinasi Awal Penanganan Darurat Bencana Palu di tenda darurat perkarangan rumah jabatan Gubernur Sulawesi Tengah di Jalan Muh. Yamin, Provinsi Sulawesi Tengah.

Rapat itu juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Jenderal TNI (Purn) Wiranto, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Sosial Agus Gumilang Kartasasmita, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Kepala Basarnas Marsdya TNI Syaugi, Wakapolri Komjen Pol Aridono Sukmanto, dan Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola. 

Baca juga: PLN kirim personel dan genset ke Palu-Donggala
Baca juga: Telkomgroup percepat pemulihan jaringan komunikasi di Palu

 

Pewarta: Rini Utami
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018