Jakarta (ANTARA News) - West Ham United akhirnya meraih kemenangan perdana mereka di bawah asuhan Manuel Pellegrini di Liga Inggris musim ini.

Kemenangan itu diperoleh dengan mempecundangi Everton 3-1 untuk laga pekan kelima Liga Inggris di Stadion Goodison Park, Liverpool, Inggris, Minggu.

Legiun Ukraina Andriy Yarmolenko mengemas dwigol di pertandingan tersebut, yang dilengkapi satu gol lain dari Marko Arnautovic. Sementara Everton hanya bisa membalas lewat Gylfi Sigurdsson.

Hasil itu membawa The Hammers meninggalkan dasar klasemen sementara dan naik ke urutan ke-16 dengan raihan tiga poin, sedangkan Everton (6) melorot ke posisi 10.

Lewat sebuah serangan balik West Ham membuka keunggulan pada menit 11. Diawali keberhasilan Fabian Balbuena merebut bola di tengah lapangan, Artur Masuaku melepaskan umpan lambung yang diteruskan Arnautovic ke ruang tembak Yarmolenko, yang dengan mudah menyonteknya ke gawang Everton.

Pada menit 31 Yarmolenko mencetak gol keduanya sekaligus menggandakan keunggulan West Ham 2-0. Menerima umpan dari Mark Noble, Yarmolenko menusuk ke dalam kotak penalti sebelum melepaskan tendangan melengkung nan cantik dan tak terjangkau penjaga gawang Jordan Pickford.

Tepat menjelang turun minum, Everton memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 saat umpan silang Jonjoe Kenny berhasil ditanduk Sigurdsson.

Memasuki babak kedua, Everton tetap lebih banyak mengendalikan bola namun kreasi serangan mereka buntu. Yang terjadi West Ham malah merestorasi keunggulan dua gol mereka pada menit 61.

Lewat umpan satu dua sentuhan yang agak panjang, Arnautovic mengirimkan bola kepada Pedro Obiang sebelum menyelesaikan bola pengembalian di tengah-tengah kotak penalti, memaksa Pickford kembali memungut bola dari dalam gawangnya.

Kendati tertinggal, Everton masih menguasai bola namun sekali lagi bangunan serangan mereka tak banyak menciptakan peluang berbahaya kecuali tembakan sentuhan pertama penyerang pengganti Oumar Niasse menyambut umpan silang Lucas Digne yang sayangnya masih ditolak oleh mistar gawang.

Kedudukan 3-1 bagi tim tamu tak berubah hingga peluit panjang tanda laga usai terdengar di Goodison Park.

Baca juga: Burnley kalah lagi, takluk 0-1 di kandang Wolverhampton

Baca juga: Hasil dan klasemen Liga Inggris, Chelsea gusur Liverpool dari puncak


Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Liga Inggris :

Everton (4-2-3-1): Jordan Pickford; Jonjoe Kenny, Mason Holgate, Kurt Zouma, Lucas Digne; Idrissa Gueye, Morgan Schneiderlin (Bernard); Thep Walcott (Ademola Lookman), Gylfi Sigurdsson, Dominic Calvert-Lewin; Cenk Tosun (Oumar Niasse)
Pelatih: Marco Silva

West Ham United (4-1-4-1): Lukasz Fabianski; Pablo Zabaleta, Fabian Balbuena, Issa Diop, Artur Masuaku; Declan Rice; Andriy Yarmolenko (Robert Snodgrass), Mark Noble (Carlos Sanchez), Pedro Obiang, Felipe Anderson; Marko Arnautovic (Toni Martinez)
Pelatih: Manuel Pellegrini

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2018