Jakarta (ANTARA News) - Blibli.com kembali menggelar kompetisi The Big Start Indonesia yang tahun ini digelar untuk ketiga kalinya, demi mendukung pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah di Tanah Air.

"Tema 'buktikan pada mereka" untuk menunjukkan bahwa produk yang diciptakan memang unggulan," kata Manajer Pemasaran dan Komunikasi Senior Blibli.com, Lani Rahayu, saat jumpa pers di Jakarta, Kamis.

The Big Start Indonesia Season 3 ini sudah dimulai sejak Juli lalu, ditandai dengan roadshow ke lima kota untuk menggali potensi pengusaha muda, mulai dari Bandung, Yogyakarta, Denpasar dan Surabaya. Roadshow berakhir di Jakarta pada 7-9 September ini.

Hingga roadshow terakhir di Surabaya beberapa waktu lalu, Blibli.com mendapatkan sekitar 7.500 pendaftar dan jumlahnya diperkirakan meningkat setelah acara di Jakarta berakhir. E-commerce tersebut akan menyaring 100 besar yang akan kembali dikerucutkan menjadi 20 finalis untuk dikirim mengikuti karantina di ibu kota.

Baca juga: KADIN akan membuka akademi franchise bagi pebisnis UKM

Selama karantina sekitar tiga pekan, peserta akan dibekali pengetahuan untuk menunjang bisnis mereka, seperti cara bertemu calon investor, pemasaran hingga ketentuan hukum yang harus diperhatikan agar bisnis berkembang.

Empat pemenang akan terpilih pada acara final yang digelar Oktober mendatang, dengan total hadiah Rp 1,1 miliar.

Blibli.com menilai masih banyak peluang untuk pengusaha UMKM di Tanah Air karena masih sedikit pelaku usaha yang masuk ke platform digital.

Menurut riset Mckinsey Institute, terdapat 59,9 juta UMKM dan memberi kontribusi hingga 56 persen dari total perekonomian negara.

Tapi, hanya 3,97 persen yang masuk ke platform dagang digital. Blibli.com mengkurasi UMKM ke bagian Galeri Indonesia di platform mereka.

Baca juga: UKM Indonesia-Korsel jajaki inovasi teknologi

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018