Jakarta (ANTARA News) - Filipina menggelar pesta dalam pertandingan pamungkas mereka di Asian Games 2018 dengan mencukur Suriah 109-55 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat, namun hal itu hanya menempatkan mereka di peringkat kelima bola basket putra.

Penggawa tim NBA Cleveland Cavaliers, Jordan Clarkson, kembali jadi bintang kemenangan negara kelahiran ibundanya itu lewat catatan 29 poin, 4 rebound dan 6 assist.

Clarkson mendapat bantuan double-double 27 poin dan 15 rebound yang dicapai sesama pemain naturalisasi berbasis keturunan, Christian Standhardinger, serta sumbangan minimalis 10 poin dari pemain keturunan Amerika Serikat lainnya Stanley Pringle.

Bagi Suriah, hanya Tarek Aljabi yang mampu mencetak angka dua digit dengan 23 poin, di tengah akurasi tembakan yang cuma mencapai 25 persen.

Selain bermain klinis, Filipina juga membukukan jumlah rebound fantastis yakni sebanyak 67 kali, seolah menihilkan kehadiran pebasket bertinggi badan 2,16 meter di kubu Suriah, Abdulwahab Alhamwi, yang hanya mengamankan 6 rebound sepanjang laga.

Baca juga: Delapan pemain Jepang kalahkan Indonesia, raih peringkat ketujuh basket putra

Filipina melejit sejak pertandingan dibuka, mencetak tujuh angka tanpa balas, sebelum kemudian memegang keunggulan 21-7 lewat jump shot Clarkson saat kuarter pertama belum genap berusia lima menit.

Permainan klinis terus berlanjut hingga membawa Filipina unggul 38-16 atas Suriah saat menyudahi kuarter pertama.

Sebuah tembakan tripoin Clarkson membawa Filipina kian menjauh dalam keunggulan 51-24 atas Suriah di sisa waktu enam menit kuarter kedua.

Jarak keunggulan tersebut hanya terpangkas satu poin saat dua lemparan bebas Standhardinger menutup paruh pertama pertandingan dengan skor 60-34 bagi Filipina atas Suriah.

Filipina tak mengendurkan serangan mereka ketika Clarkson membuka kuarter ketiga dengan tembakan jump shot yang mengubah kedudukan menjadi 62-34.

Sejak itu, Filipina mengantongi 29 poin lagi di sisa waktu kuarter ketiga, demi kian menegaskan jarak keunggulan atas Suriah dalam skor 91-44.

Sementara Clarkson menghabiskan kuarter pamungkas di atas bangku cadangan, Filipina "hanya" mencetak 18 poin tambahan dalam periode tersebut, namun hal itu sudah lebih dari cukup untuk memastikan kemenangan 109-55 atas Suriah.

Baca juga: Kazakhstan raih peringkat kelima basket putri Asian Games 2018

Baca juga: Indonesia peringkat ketujuh basket putri setelah taklukkan Mongolia

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018