Lihat saja saat kontingen Palestina dan Afghanistan berjalan sambil melambaikan bendera mereka, sungguh merupakan pemandangan yang indah juga mengharukan
Jakarta (ANTARA News) - Anggota DPR RI Arief Suditomo mengajak masyarakat untuk melihat sisi positif peran Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan Asian Games 2018, bukan justru sebaliknya.

"Indonesia sebagai tuan rumah harus berbangga mampu menyelenggarakan event akbar ini dengan sangat baik," kata Arief dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa.

Menurut politikus Partai Hanura itu, Asian Games tak sekadar pesta olahraga, tetapi banyak segi positif di dalamnya, baik ekonomi, pariwisata, promosi budaya, termasuk terkait dengan diplomasi.

"Ini adalah kesempatan besar bagi Indonesia untuk memainkan peran aktif sebagai agen perdamaian dunia. Jadi, saya yakin Asian Games 2018 adalah sebuah ajang yang sangat bermanfaat buat bangsa dan negara ini," ujarnya.

Baca juga: Olahraga dan Diplomasi

Bersatunya Korea Selatan dan Korea Utara dalam satu barisan dan satu bendera saat defile pembukaan Asian Games 2018 merupakan bukti bahwa ajang ini pun memiliki aspek diplomasi, kata mantan pemimpin redaksi stasiun televisi swasta nasional ini.

Negara-negara yang sering dilanda konflik, seperti Suriah, Palestina, Afghanistan, dan Yaman mampu melupakan perbedaan pemicu konflik seperti suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) dengan bersaing sehat penuh sportivitas di arena olahraga.

"Lihat saja saat kontingen Palestina dan Afghanistan berjalan sambil melambaikan bendera mereka, sungguh merupakan pemandangan yang indah juga mengharukan," tutur Arif.

Asian Games, lanjut Arief,  juga membuka kesempatan bagi dunia untuk terpapar seluruh kemajuan pembangunan bangsa ini, potensi besar dari industri pariwisata Indonesia, partisipasi UKM, dan lain-lain.

Baca juga: Diplomasi emas Indonesia untuk dunia

 

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2018