Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menyapa ribuan relawan yang mendukung pendaftaran dirinya pada pemilihan presiden (pilpres) 2019 di halaman luar depan gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jumat.

Selepas keluar dari gerbang, Presiden Jokowi yang tampak mengenakan baju putih berkerah bertuliskan “Bersih, Merakyat, Kerja!” langsung lurus mengarah ke kerumunan yang dibatasi oleh kawat berduri.

Ia tampak tersenyum dan melambaikan tangan, sementara relawan yang menyambutnya tak henti berseru “Jokowi!”

Setelah selesai menyapa relawan yang berdiri persis di seberang Gedung KPU, Presiden Jokowi langsung bergerak ke sisi kiri dan menyapa pendukungnya yang tidak hanya meneriakkan namanya, tetapi juga menyanyikan berbagai lagu nasional, seperti Garuda Pancasila dan Tanah Airku.

Dalam momen itu, Presiden Jokowi tampak tidak didampingi calon wakil presidennya untuk pilpres 2019, ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin.

Presiden Jokowi dan Ma’ruf Amin menjadi pasangan capres-cawapres pertama yang mendaftar ke KPU pada Jumat, sekitar pukul 09.30 WIB.

Keduanya diusung oleh Koalisi Indonesia Kerja yang diisi oleh PDIP, Golkar, PPP, Partai Hanura, Partai Nasdem, PSI, Partai Perindo, PKB, dan PKPI.

Sebelumnya pasangan capres-cawapres dari Koalisi Indonesia Kerja itu tiba di Gedung KPU sekitar pukul 09.30, dan keluar satu jam kemudian pukul 10.30. 

Sebelum keduanya tiba di gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, sekitar 4.000 personel gabungan dari Mabes Polri, Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, hingga Kodam Jaya TNI AD turut disiagakan untuk mengamankan proses pendaftaran capres-cawapres.

Menurut keterangan Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Roma Hutajulu, pihaknya menerapkan sistem pengamanan ring, yaitu Ring 1 di dalam Gedung KPU, Ring 2 di luar Gedung KPU, dan Ring 3 di sekitar Gedung KPU.

Tidak hanya sistem ring, pihak kepolisian khususnya dari jajaran Brimob juga membuat pagar betis di arah masuk jalan Imam Bonjol menuju Gedung KPU. 

Pagar betis dan kawat berduri di sepanjang Jalan Imam Bonjol ditempatkan untuk menghalau dan memberi jarak bagi ribuan massa pendukung Jokowi agar tidak mendekat ke halaman depan Gedung KPU.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018