Bandung (ANTARA News) - Terminal Cicaheum mencatat puncak arus mudik di terminal tersebut terjadi pada Selasa (12/6) dengan jumlah pemberangkatan mencapai 5.789 penumpang atau naik 35 persen dibanding tahun lalu pada hari yang sama.

"Puncak arus mudiknya kemarin Selasa untuk di Cicaheum ini sekitar lima ribuan penumpang. Kalau tahun lalu 4.287 pada H-3," ujar Kepala Terminal Cicaheum, Roni Hermanto, kepada wartawan, Rabu.

Roni mengatakan, total jumlah penumpang yang diberangkatkan hingga tiga hari menjelang Lebaran, naik signifikan dibanding tahun lalu.

Pada Jumat (H-7), penumpang mencapai 2.945 orang atau naik 57 persen dibanding periode yang sama tahun lalu yakni 1.869 penumpang.

Jumlah signifikan terjadi pada Sabtu yang mencapai 4.684 penumpang atau naik sebesar 87 persen dari tahun lalu yang hanya 2.506 orang. Pada Minggu mencapai 4.112 penumpang, dan Senin mencapai 3.807 penumpang.

Namun menurut Roni, puncak pemberangkatan penumpang dari Terminal Cicaheum menuju wilayah timur Jawa Barat terjadi pada Selasa yakni sebanyak 5.789 penumpang.

Dengan begitu, Terminal Cicaheum menetapkan puncak arus mudik telah terjadi pada Selasa.

"Kalau lihat data, dari H-7 hingga H-3 menunjukan peningkatan dibanding tahun lalu. Ini di luar prediksi kami," kata dia.

Sementara pada Rabu, ia memprediksi tidak akan terjadi lonjakan penumpang seperti pada Selasa. Meski begitu, ujarnya, armada bus yang tersedia siap memberangkatkan penumpang jika sewaktu-waktu terjadi penumpukan.

"Puncaknya kemarin, sekarang baru ketahuan data dari jam 8 pagi baru 1.071 penumpang," kata dia.
 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018