Situbondo (ANTARA News) - Petugas gabungan dari Polres dan Dinas Perhubungan KabupatenSitubondo, Jawa Timur, Minggu, melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap sopir bus angkutan Lebaran 2018.

"Tidak hanya sopir bus, namun sopir mobil penumpang umum atau MPU juga tak luput dari pemeriksaan kesehatan, karena hal ini dilakukan guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang akan mudik menggunakan bus," kata KBO Satuan Lalu Lintas Polres Situbondo, Iptu Pol Supoyo di Situbondo, Minggu.

Selain melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap sopir bus dan MPU, lanjut dia, petugas juga mewajibkan seluruh pengemudi menjalani tes urine guna memastikan tidak ada sopir bus bebas narkoba, agar masyarakat atau penumpang bus aman.

Dari hasil pendataan petugas, katanya, tercatat ada sekitar 45 sopir bus dan MPU yang menjalani tes urine dan pemeriksaan kesehatan untutk memastikan kondisi sopir bebas narkoba dan dalam keadaan sehat mengemudi membawa penumpang.

"Kegiatan ink dalam rangka Operasi Ketupat Semeru 2018, aopir bus diperiksa kesehatannya oleh Brigadir Heni Puji Astuti selaku tim pemeriksaan kesehatan dan tes urine dari Urkes Polres Situbondo," katanya.

Iptu Pol Supoyo menjelaskan, kegiatan ini rutin dilakukan dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang akan mudik dengan kendaraan umum juga menghindari sopir yang memakai narkoba maupun minuman keras sehingga membahayakan keselamatan penumpangnya.

"Hasil tes urine tidak ditemukan adanya indikasi pemakaian narkoba atau minuman keras oleh para sopir dan petugas kesehatan juga menyarankan kepada para sopir apabila kondisi tubuh kurang sehat atau sakit lebih baik beristirahat dan digantikan sopir lainnya," tuturnya.

Baca juga: Polisi periksa urine sopir di Terminal Bekasi, 70 bebas narkoba

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018