Manado (ANTARA News) - Dinas PUPR Kota Manado, Sulut, mulai melaksanakan pembangunan jalur khusus ambulans di Jalan Raya Manado-Tanawangko dari Bahu sampai Malalayang.

"Tim sudah melakukan mutual check nol untuk memastikan kondisi awal lokasi yang akan dibangun sebagai jalur ambulans itu," kata Kepala Dinas PUPR Manado, Bart Assa, di Manado, Selasa.

Dia mengatakan, pengecekan dilakukan Selasa siang oleh tim PUPR, untuk melihat medan jalan yang sudah diratakan itu tinggal menunggu pembangunan.

Assa mengatakan, pembangunan jalur khusus ambulans itu dilaksanakan oleh pihak ketiga. Pelelangannya dilaksanakan di ULP Manado secara terbuka, sehingga bisa diikuti oleh perusahaan manapun.

Ia menambahkan, pembangunan tersebut sudah mendapatkan izin resmi dari Balai Nasional Jalan sehingga pembangunannya akan dikebut dan diusahakan selesai pada tahun ini juga.

Assa mengatakan, jalur khusus ambulans itu akan dibangun sepanjang 2,1 kilometer dari Bahu depan transmart sampai ke jalan masuk rumah sakit di Malalayang.

Untuk pembangunan tersebut, katanya, pemerintah menganggarkan dana sebesar Rp4,6 miliar dari APBD Manado 2018.

Dia berharap jalur khusus tersebut akan membantu mengantarkan pasien menggunakan ambulans agar cepat sampai, tidak terhalang oleh kemacetan arus lalu lintas.

 

Pewarta: Joyce Hestyawatie B
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018