Garut (ANTARA News) - Sebanyak 50 unit Penerangan Jalan Umum (PJU) dipasang di jalur nasional yang seringkali dilewati kendaraan pemudik pada Hari Raya Lebaran di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Ada lebih dari 50 unit PJU baru mulai dipasang di jalur mudik selatan," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut Suherman di Garut, Selasa.

Ia menuturkan, pemasangan PJU itu merupakan kesiapan pemerintah daerah menjelang musim arus mudik Hari Raya Lebaran yang diprediksi akan banyak pemudik melewati jalur Garut.

Ia menyampaikan, pemasangan PJU itu sebelumnya sudah dilakukan beberapa hari menjelang Ramadhan, dan akan terus ditambah pemasangannya di jalur ramai kendaraan.

"Ada beberapa titik yang perlu dipasang PJU, kurang lebih ada di 12 kecamatan wilayah utara, kota dan selatan," kata Suherman.

Baca juga: Ini empat lokasi di Garut yang rawan kecelakaan

Ia menyampaikan, selain pemasangan PJU baru, pihaknya juga memperbaiki PJU yang kondisinya rusak atau tidak berfungsi optimal.

"Ada tim teknis akan melakukan perbaikan JPU yang kondisinya rusak," katanya.

Ia menambahkan, perbaikan dan pemasangan PJU itu ditargetkan selesai pertengahan Ramadan atau sebelum diberlakukannya operasi pengamanan Lebaran.

Selain penerangan, kata dia, jajarannya akan menambah rambu-rambu atau petunjuk arah lalu lintas di jalur utama Garut.

"Kami sekarang sedang menambah rambu-rambu lalu lintas, terutama di jalur rawan kecelakaan," katanya.

Baca juga: Garut pasang penerangan di jalur alternatif Cijapati

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018