New York (ANTARA News) - Harga minyak mentah dunia di New York Mercantile Exchange dan London ICE Futures Exchange menurun pada akhir perdagangan Selasa waktu setempat, saat ketegangan geopolitik mereda setelah Presiden Donald Trump mengisyaratkan Amerika Serikat dan Prancis hampir mencapai kesepakatan untuk mempertahankan kesepakatan nuklir dengan Iran.

Patokan Amerika Serikat, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juni, harganya turun 0,94 dolar AS menjadi menetap di 67,70 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara minyak mentah Brent, yang menjadi patokan global, untuk pengiriman Juni kehilangan 0,85 dolar AS menjadi ditutup pada harga 73,86 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange menurut laporan Xinhua.

Penurunan harga itu antara lain dipengaruhi oleh dampak pertemuan Trump dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Dalam konferensi pers Selasa (24/4) dengan Macron, yang ingin mempertahankan kesepakatan itu, Trump mengatakan dia dan Macron "setidaknya bisa memiliki kesepakatan di antara kami sendiri dengan cukup cepat" menurut CNBC.

Amerika Serikat memiliki waktu hingga 12 Mei untuk memutuskan apakah akan menghentikan kesepakatan nuklir dengan Iran dan menerapkan kembali sanksi terhadap produsen terbesar ketiga di Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC).

Selain itu, para investor juga terus memantau data persediaan minyak mentah Amerika Serikat, yang dijadwalkan rilis Rabu waktu setempat, dengan para analis memperkirakan adanya penurunan, baik dalam stok minyak mentah maupun dalam pasokan bensin.(UU.A026)

Baca juga: Macron kunjungi AS untuk selamatkan perjanjian nuklir Iran
 

Pewarta: -
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018