Madrid (ANTARA News) - Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane mengatakan timnya tidak akan menawarkan "guard of honour" kepada pemuncak klasemen Liga Spanyol Barcelona pada duel akbar "El Clasico" bulan depan, jika tim Catalunya itu menjuarai liga sebelum pertandingan itu dimainkan.

Barcelona membentuk guard of honour untuk Real yang menjadi juara di Santiago Bernabeu pada Mei 2008, namun mereka menolak melakukan hal serupa sebelum pertemuan terakhir mereka di liga pada 23 Desember, beberapa hari setelah Real menjuarai Piala Dunia klub FIFA.

"Segera saya akan ditanyai mengenai hal ini dan jawaban saya sangat jelas. Ini adalah keputusan saya dan ini final. Saya tidak paham konsep guard of honour dan dengan demikian kami tidak akan melakukannya. Barca mematahkan tradisi," kata Zidane pada konferensi pers menjelang pertandingan derby Madrid melawan Atletico Madrid pada Minggu.

Kepala hubungan hubungan internasional Barca, Guillermo Amor, berkata pada Desember bahwa klubnya menolak untuk mengulangi guard of honour untuk Real karena mereka tidak berpartisipasi di Piala Dunia Klub.

Barca memimpin klasemen Liga Spanyol sebesar sembilan poin atas pesaing terdekatnya Atletico, dan mereka unggul 13 poin atas tim peringkat ketiga Real dengan tujuh pertandingan tersisa.

Baca: Hernandez bersaudara tak saling bicara jelang derby Madrid

Jika Real mengalahkan Atletico pada derby Madrid yang berlangsung Minggu dan Barca memenangi empat pertandingan berikutnya, pasukan Ernesto Valverde akan mengunci gelar untuk ke-25 kalinya pada Clasico yang berlangsung pada Mei di Nou Camp.

Bagaimanapun, Zidane mengatakan timnya tidak cemas mengenai fakta bahwa kemenangan atas rival sekota akan membawa Barca semakin dekat untuk menjuarai liga, dan ia justru fokus pada menggeser Atletico dari peringkat kedua.

"Kami tidak memikirkan mengenai jalur Barca menuju gelar, kami hanya berkonsentrasi pada pertandingan besok dan memikirkan mengenai tiga poin ketika kami ingin terus mengakumulasi poin-poin," tambah Zidane.

"Atletico layak berada di posisi mereka sekarang, mereka berada di peringkat kedua dan yang dapat kami lakukan adalah berusaha dan mengurangi jarak antara mereka dengan kami."

Kedua tim menuju pertandingan dengan kepercayaan diri tinggi, di mana Real menghancurkan Juventus dengan skor 3-0 pada leg pertama perempat final Liga Champions pada Selasa, dan Atletico menang 2-0 atas Sporting Lisbon dan mengambil langkah besar menuju semifinal Liga Europa.

Baca: Klasemen La Liga, Madrid ancam Atletico, Barcelona belum terkalahkan

(H-RF)

Pewarta: SYSTEM
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018