Mobilitas saya di darat mengalami gangguan, tapi saya bisa bergerak dengan mudah di dalam air sehingga renang telah memberikan saya kehidupan yang baru."
Beijing (ANTARA News) - Peraih lima medali emas dari cabang olahraga renang Para-Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brazil, asal China, Huang Wenpan, tewas dalam kecelakaan lalu lintas, Jumat.

Menurut keterangan petugas kepolisian di Provinsi Sichuan, China, saat menyetir sendiri, mobil Huang menabrak kawasan hijau, tiang listrik, dan gerobak.

Dia mengemudikan mobil ke arah utara Jalan Raya Wawushan, Kabupaten Hongya, Provinsi Sichuan, pada Jumat sore.

Huang segera dilarikan ke rumah sakit terdekat. Namun upaya menyelamatkan jiwa atlet pria berusia 22 tahun itu tidak menemui hasil karena luka-luka yang dialaminya sangat parah.

Perolehan lima medali emas menjadikan Huang sebagai salah satu atlet China yang meraih kesuksesan terbesar di Para-Olimpiade Rio yang digelar secara khusus untuk para penyandang disabilitas pada musim panas dua tahun lalu itu.

Lima medali emas itu diraih Huang dari nomor 200 meter gaya bebas S3, 50 meter gaya dada SB2, 150 meter gaya ganti perorangan SM3, 50 meter gaya bebas S3, dan estafet 4x50 meter gaya bebas campuran.

"Mobilitas saya di darat mengalami gangguan, tapi saya bisa bergerak dengan mudah di dalam air sehingga renang telah memberikan saya kehidupan yang baru," kata Huang sesuatu saat menceritakan kesuksesannya di kolam renang sebagaimana dikutip Kantor Berita Xinhua.

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018