Jayapura (ANTARA News) - Maskapai Sriwijaya Air segera membuka rute penerbangan Jayapura-Wamena (Kabupaten Jayawijaya) yang operasionalnya akan dilakukan oleh anak usaha perusahaan tersebut, Nam Air.

"Rute baru tersebut akan dilayani oleh pesawat Nam Air ATR 72/600 Turboprop dengan kapasitas 70 kursi, dan rencananya akan beroperasi mulai 8 April 2018," ujar District Manager Sriwijaya Air Jayapura Ronel Sangkay di Jayapura, Jumat.

Ia mengungkapkan perizinan rute Jayapura-Wamena, Nam Air telah mendapatkannya dari unit pelayanan Bandara Sentani, dengan jadwal penerbangan pukul 12.00 WIT.

Menurut dia kebutuhan atas penambahan jadwal penerbangan di rute tersebut masih tinggi dan belum mampu dipenuhi oleh maskapai lain yang sebelumnya telah ada.

"Khusus untuk rute baru ini kami menilai peluang dimana kenaikan penjualan tiket transportasi udara sangat tinggi dibandingakan daerah lain," kata dia.

Ronal mengakui hal lain yang dijadikan pertimbangan manajemen Sriwijaya Air membuka layanan pada rute tersebut adalah karena adanya pelaksanaan Pilkada serentak 2018.

"Untuk memenuhi target pasar di Juni 2018, dalam rangka pelaksanaan pilkada, maka kami memilih membuka rute tersebut di April 2018 untuk mengantisipasi lonjakan permintaan paska pilkada tersebut," katanya.

Ia menambahkan Sriwijaya Air melalui Nam Air kini fokus menggarap rute penerbangan lokal di Papua dan Papua Barat karena kebutuhannya masih sangat tinggi.

Nam Air direncanakan akan membuka rute penerbangan ke Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, karena wilayah tersebut kini menjadi salah satu tujuan wisata terpopuler di seluruh Indonesia, bahkan dunia.

Letak Wamena (tanda panah merah)


 

Pewarta: Dhias Suwandi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018