Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar Indonesia untuk Italia, Esti Andayani, menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Siprus, Nicos Anastasiades, di Nicosia, Siprus. 

Keterangan dari Kedutaan Besar Indonesia di Roma, yang diterima di Jakarta, Jumat, menyatakan, penyerahan surat kepercayaan itu dilaksanakan beberapa hari lalu, dalam satu upacara resmi kenegaraan. Selesai menyerahkan surat kepercayaan itu, perempuan diplomat Indonesia itu menginspeksi pasuka kehormatan bersama Anastasiades. 

Hubungan Indonesia dan Siprus selama ini terjalin baik, dan saat ini Siprus merupakan negara Uni Eropa dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di kawasan itu, pasca krisis ekonomi yang mendera pada 2013-2015. 

Oleh karena itu, kerja sama Indonesia-Siprus yang terletak di Mediterania akan terus diperkuat di masa depan, apalagi Siprus memiliki sektor pariwisata dan maritim yang kuat.

Andayani adalah diplomat karir senior yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri. Sebelum itu, dia menjadi duta besar Indonesia untuk Kerajaan Norwegia dan Eslandia.

Penugasannya di Italia ini menjadikan dia sebagai perempuan duta besar perempuan pertama dari Indonesia untuk Italia. Selain Italia, wilayah akreditasi dia juga mencakup Malta, San Marino dan Siprus serta organisasi internasional di Roma, di antaranya FAO, IFAD, WFP dan UNIDROIT.

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018