Jakarta (ANTARA News) - Mencari ponsel akhir-akhir ini terbilang gampang-gampang susah, begitu banyak merk dan keunggulan yang ditawarkan sehingga pengguna perlu cermat memilihnya agar sesuai dengan kebutuhan.

Priceza, situs perbandingan harga, mencatat selama tiga tahun belakangan ini merk-merk ponsel yang populer Indonesia berubah selama tiga tahun terakhir.

Berdasarkan pencarian mereka, iPhone 5s menjadi yang terpopuler pada 2015. Memasuki 2016, Samsung Galaxy J1 Mini, Galaxy J2 dan Oppo F1 menduduki tiga besar pencarian terpopuler.

Tahun lalu, Xiaomi mencuri perhatian pengguna laman tersebut, pencarian didominasi oleh Redmi Note 4, Redmi 4x dan Redmi Note 4X, seperti dilansir dari siaran pers.

Berdasarkan temuan mereka, konsumen paling sering mempertimbangkan spesifikasi berikut ini sebelum menjatuhkan pilihan membeli ponsel idaman.

1. Resolusi kamera
Kamera bagi konsumen Indonesia masih menjadi fungsi yang paling penting ketika memilih ponsel, selain untuk berkomunikasi. Saat ini, standard minimal resolusi kamera yang diminati konsumen adalah 13MP.

2. Ukuran layar
Pengguna ponsel pintar di Indonesia menyukai perangkat berlayar besar,rata-rata di atas 5 inci. Mereka banyak menggunakan ponsel untuk menonton video, memotret hingga bermain game.

3. Android
Selepas 2015, pencarian di situs tersebut didominasi oleh perangkat Android karena alasan teknis seperti kemudahan mengakses hingga pertimbangan harga.

4. Baterai
Konsumen menghendaki ponsel berbaterai besar, antara 3.000-4.000mAh agar mereka dapat mengakses ponsel lebih lama.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018