Palangka Raya (ANTARA News) - Pusat perbelanjaan yang ada di Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah dipadati pengunjung dengan tujuan berburu produk-produk yang mendapat diskon akhir tahun 2017.

Yuniati, warga Kota Palangka Raya, Minggu mengatakan sengaja meluangkan waktu untuk mendatangi sejumlah pusat perbelanjaan yang menawarkan diskon akhir tahun.

"Saat akhir tahun biasanya banyak barang yang diskon besar-besaran hingga dapat potongan harga 50 persen," kata ibu satu anak ini.

Meski harus antre cukup panjang karena padatnya pengunjung saat akan membayar, dia mengaku keadaan tersebut tidak menjadi masalah mengingat sebanding dengan diskon yang diberikan.

"Saya membeli pakaian dan barang elektronik di sini. Harganya beda jauh dari biasanya karena dari Rp400 ribu lebih turun menjadi Rp170 ribu. Saya hanya mencari barang yang diskon atau promo saja," katanya.

Retno Kartika, warga Buntok, Kabupaten Barito Selatan mengaku awalnya datang ke Palangka Raya hanya untuk berlibur akhir tahun. Namun usai mendapati sejumlah barang dapat potongan harga, ia juga tak bisa menahan keinginan untuk berbelanja.

"Selain untuk menyambut libur kami juga sekalian menengok anak yang sedang kuliah di sini. Pusat perbelanjaan Metos menjadi salah satu yang saya kunjungi. Awalnya ingin jalan-jalan saja, tapi saat melihat diskon saya langsung berbelanja," katanya sambil tersenyum.

Zaen, seorang penjaga parkir mengatakan, sejak memasuki libur Natal dan tahun baru, pusat perbelanjaan modern itu semakin dipadati pengunjung.

"Memang jika libur panjang jumlah pengunjung membludak. Hal itu karena banyak warga yang memiliki saudara di kampung berlibur ke sini. Jika hanya warga Palangka saja, pengunjung tidak akan ramai ini,," katanya.

Berdasarkan pantauan, pusat perbelanjaan modern di Kawasan Jalan Yos Sudarso seperti Megatop trade center (MTC) yang di dalamnya ada Hypermart dan Matahari yang banjir diskon dipadati pengunjung.

Para pengunjung pun sebagian memilih lokasi parkir di luar yang disediakan pihak pengelola. Akibatnya banyak kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, harus parkir di bahu jalan bahkan hingga di seberang jalan dan halaman pertokoan di sekitar MTC.

Tak hanya di lokasi tersebut, sejumlah toko di Kota Palangka Raya yang menyediakan diskon akhir tahun pun, jumlah pengunjung juga terlihat lebih ramai dari hari biasa. Besaran diskon di sejumlah toko pun bervariasi mulai 20 persen hingga ada yang lebih dari 50 persen dari harga normal.

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017