Solo (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memantau langsung jalannya gladi bersih kirab kereta kencana yang akan ditumpangi putrinya, Kahiyang Ayu, dalam prosesi pernikahan nanti, di Graha Saba Buwana Jalan Letjen Suprapto Solo, Senin.

Presiden yang didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memantau langsung jalannya gladi dipinggir Jalan Letjen Suprapto Sumber tidak jauh dari gedung Graha Saba, sekitar Pukul 15.30 WIB.

Menurut Jokowi, telah dilaksanakan gladi bersih seluruhnya, dan sudah sesuai dengan yang direncanakan oleh panitia.

"Insyaallah dimudahkan dan lancar semuanya," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan kegiatan pada Senin sore ini, antara lain menggelar pengajian di rumahnya dengan mengundang tetangga rumah di kampungnya. Dan, acara Selasa (7/11) dilaksanakan siraman untuk temanten perempuan dan laki-laki, serta kemudian sorennya acara midodareni.

Jokowi mengatakan putrinya dinikahkan karena sudah saatnya berumah tangga dan bermasyarakat sesuatu yang normal semoga bisa membangun keluarga yang sakinah, mawadah, warohmah.

Menurut Jokowi menikahkan putrinya dan putra persiapan mengorganisasi pelaksanaannya sama saja, hanya perbedaannya di Jawa untuk putri artinya mantu, sedangkan pihak putra ngunduh mantu.

Pada acara resepsi tamu yang diundang, kata Jokowi, semua diundang sanak saudara, teman, tetangga, dan masyarakat umum. Semuanya dilibatkan termasuk para sopir becak.

Pada acara gladi bersih sebelumnya untuk empat kereta kencana yang akan ditumpangi keluarga mempelai laki-laki, Muhammad Bobby Afif Nasution digelar sekitar pukul 10.00 WIB.

Empat kereta kencana untuk keluarga Bobby dimuali dari Hotel Alila menuju Jalan Slamet Riyadi belok ke kiri ke Jalan A Yani kemudian menuju Letjen Suprapto graha Saba.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017