Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menyatakan senang sekali dengan produk-produk kerajinan dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, dia bahkan mengoleksinya.

"Saya suka memajang sambil mengingat-ingat perjalanan saya ke daerah-daerah dan kerajinan itu menjadi sumber kenangan," kata Presiden Jokowi ketika membuka Pameran Kriyanusa Dekranas 2017 di Jakarta Convention Center, Rabu.

Jokowi menyebutkan potensi produk kerajinan di Indonesia besar sekali. "Kita memiliki 714 suku dengan budaya yang berbeda-beda.

Alam kita indah dan menyediakan banyak bahan baku," katanya.

Menurut dia itu semua merupakan sumber untuk produk-produk kerajinan dan itulah keunggulan kerajinan Indonesia.

"Pengrajin-pengrajin internasional saja mengambil inspirasi dari budaya dan alam Indonesia. Berarti kita yang hidup di Indonesia dengan budaya-budaya yang ada harusnya menggarap sumber inspirasi itu," katanya.

Menurut Jokowi agar produk kerajinan Indonesia dapat berkembang maju, para pengrajin dan pelaku UKM bidang kerajinan perlu melakukan modernisasi industri kerajinan dari hulu hingga hilir.

"Mulai dari mendapatkan bahan baku, pengolahan, pembuatan produk jadi, kemasan, sampai pemasaran, semua harus dilihat dan dilakukan dalam satu paket," katanya.

Ia meminta para pengrajin, pelaku UKM, tidak jalan sendiri-sendiri, harus jalan bersama membangun kelompok besar pengrajin.

"Harus konsolidasi supaya skala ekonominya bisa besar. Kerja bersama-sama itu sangat penting," kata Presiden Jokowi.

(Baca juga: Presiden Jokowi minta dilakukan modernisasi industri kerajinan)

Pewarta: Agus Salim
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017