Intinya adalah membangun komunikasi dengan warga."
Tangerang (ANTARA News) - Pejabat di Kelurahan Sudimara Timur Ciledug, Kota Tangerang mengantarkan secara langsung berkas kependudukan seperti E-KTP dan kartu keluarga Keluarga (KK) kepada masyarakat yang telah selesai dibuat.

Sekretaris Kelurahan Sudimara Timur, Agus Lesmana di Tangerang, Kamis, mengatakan pengiriman berkas kependudukan tersebut dilakukan setiap hari Senin dan Rabu.

Untuk menjangkau seluruh lokasi, Kelurahan Sudimara Timur telah membentuk tiga tim yang setiap tim terdiri dari dua hingga tiga orang.

"Jadi, selama sepekan itu ada dua kali kami jadwalkan untuk mengantarkan berkas kependudukan ke rumah warga secara langsung," ujarnya.

Diakuinya, kegiatan ini juga sebagai upaya dalam menyerap aspirasi masyarakat. Kemudian memberitahu mengenai proses pengurusan administrasi.

Misalnya saja pembuatan E-KTP yang lama karena ada beberapa alasan teknis dan hal ini perlu dijelaskan kepada masyarakat.

Tak hanya itu saja, penyerahan administrasi kependudukan juga sebagai bentuk pelayanan yang maksimal dilakukan di tingkat kelurahan.

Sebab, kelurahan sebagai garda terdepan harus memberikan sosialisasi lebih dini dan sekaligus memecahkan masalah jika ada sesuai arahan Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah.

Dalam proses mengantarkan berkas tersebut, pegawai menggunakan motor yang telah disiapkan sehingga bisa menjangkau ke dalam gang. "Intinya adalah membangun komunikasi dengan warga," tegasnya.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017