Kami segera bersurat ke Polres Badung agar mendukung kami dalam upaya pengamanan dan kami juga segera menyiapkan pos keamanan untuk kepolisian ini."
Mangupura (ANTARA News) - Posko Lebaran Terpadu di Terminal Tipe A Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, mencatat total kedatangan para pemudik dari Pulau Jawa ke Bali mencapai 20.120 orang penumpang.

"Total kedatangan pemudik yang memilih menggunakan moda transportasi bus Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) yang tiba di Terminal Mengwi ini terhitung sejak H-7 hingga H+7 Lebaran," kata Koordinator Terminal Angkutan Penumpang Tipe A Mengwi, Asberlias Rajah, di Mangupura, Selasa.

Dari total pemudik yang tiba di Terminal Mengwi ini, lanjut dia, mencatat jumlah armada bus AKAP yang tiba mencapai 961 angkutan. Sedangkan, total keberangkatan pemudik terhitung sejak H-7 hingga H+7 Lebaran 2017 mencapai 4.561 orang pemudik.

Ia mengatakan, jumlah kedatangan pemudik yang tiba di Terminal Mengwi pada Tahun 2017 justeru meningkat 30 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang jumlahnya hanya 10.478 penumpang dengan jumlah armada 812 bus.

Demikian juga untuk jumlah keberangkatan pemudik saat Lebaran 2017 yang juga mengalami peningkatan 88 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang jumlahnya hanya 306 orang dengan jumlah armada 121 bus.

Asberlias Rajah juga menambahkan, dengan berakhirnya mudik Lebaran 2017 ini, maka Posko Lebaran Terpadu di Terminal Mengwi akan ditutup dan petugas gabungan dari LLAJSDP, Kepolisian, TNI, Satpol PP dan Dishub Badung tak lagi berjaga di terminal setempat.

"Yang tersisa hanya petugas dari Kementerian Perhubungan yang memang saat ini sudah mengelola terminal Mengwi setelah dilimpahkan dari Pemkab Badung sejak Januari 2017," katanya.

Pihaknya juga berjanji ajan terus melakukan pembenahan terminal, khususnya dalam bidang pelayanan kepada para penumpang. "Ke depan kami berencana mengadakan pos keamanan yang diisi oleh petugas kepolisian di terminal ini," katanya.

Agar upaya ini dapat terealisasi, pihaknya sudah bertemu dengan Kapolsek Mengwi untuk penambahan personil pengamanan di terminal setempat.

"Kami segera bersurat ke Polres Badung agar mendukung kami dalam upaya pengamanan dan kami juga segera menyiapkan pos keamanan untuk kepolisian ini," ujarnya.

Pewarta: I Made Surya
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017