Dalam jangka tiga tahun dia akan memenangkan Ballon d’Or
Jakarta (ANTARA News) - Gabriel Jesus akan menjadi pengganti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sebagai pemain sepak bola terbesar di dunia, kata pelatih Brasil Jose Francisco Mamede.

Manchester City telah mengikat sang striker dengan kontrak senilai 27 juta poundsterling untuk memperkuat skuad Pep Guardiola 2 Januari nanti.

Di dalam negerinya sendiri di Brasil, pemain berusia 19 tahun itu dijuluki dengan "Neymar baru".

Jose Francisco Mamede bahkan lebih berani lagi dengan menyatakan Jesus akan memenangkan Ballon d’Or selama tiga tahun bergabung dengan City nanti.

Pemilik City dari Abu Dhabi sendiri sudah lama berusaha menarik Messi ke Etihad. Namun Mamede telah memastikan kepada Guardiola bahwa pemain klub Pequeninos do Meio Ambiente de Sao Paulo itu akan menjadi pengganti alamiah Messi.

"Gabriel berasal dari daerah yang sangat miskin dan untuk itulah dia tidak pernah takut. Dia akan beradaptasi dengan makanan, dinginnya Manchester dan segalanya," kata dia kepada AFP.

"Dalam jangka tiga tahun dia akan memenangkan Ballon d’Or," sambung dia.

Guardiola menegaskan Jesus masih memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan Liga Utama Inggris, namun ekspektasi kepada sang pemain sudah kelewat tinggi.

Pele bahkan yakin dia sudah melampaui Neymar sebagai asset utama Brasil.

"Saat ini dia adalah pemain terbaik yang kami punya. Saya kira dia bisa meningkat pesat. Terutama, dia akan mendapatkan banyak pengalaman dari pertandingan-pertandingan internasional," kata legenda hidup sepak bola Brasil dan dunia itu.

Guardiola mendatangkan pemain ini setelah timnya mandul di barisan depan. Jesus akan bersaing dengan  Sergio Aguero sebagai striker tunggal yang merupakan pola pilihan Guardiola. Dia diperkirakan akan menjadi ancaman terbesar Aguero.

Jesus bahkan belum menjadi pemain timnas permanen ketika City berhasil mengontraknya dan mengalahkan tawaran klub-klub besar Eropa seperti Barca dan Manchester United.

Namun dia ikut mengantarkan Brasil memenangkan medali emas Olimpiade Rio dengan mencetak lima gol dari enam penampilan internasionalnya, selain mengantarkan Palmeiras menjadi juara liga yang pertama dalam kurun 22 tahun terakhir.

"Sejak awal sesi latihan pertama, kami sudah melihat dia berbeda. Dia tidak pernah kekurangan apa pun. Dia yang pertama berlatih. Dia selalu punya tekad kuat untuk menjadi profesional," kata Mamede.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016