Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan permasalahan dan silang pendapat soal perbedaan di Indonesia seharusnya sudah selesai sejak bangsa ini merdeka 71 tahun yang lalu.

"Permasalahan dan tarik menarik serta silang pendapat soal perbedaan di Indonesia seharusnya sudah selesai sejak Indonesia menyatakan kemerdekaannya," katanya dalam sosialisasi Empat Pilar di Universitas Tarumanegara, Jakarta, Senin.

Zulkifli mengatakan, Indonesia adalah negara besar yang komposisinya sangat unik. Indonesia dibentuk dari keberagaman rakyatnya. Keberagaman di Indonesia sangat kaya mulai dari suku, budaya, agama, warna kulit, kepercayaan dan bahasa.

"Indonesia bukanlah kesamaan, Indonesia ada karena keberagaman dan keberagaman itu adalah kekayaan bangsa. Dalam mengisi kemerdekaan, seluruh rakyat Indonesia harus saling mengormati perbedaan. Seluruh rakyat Indonesia apapun latar belakangnya, memiliki hak dan kewajiban sama," ujarnya.

Lebih lanjut Zulkifli mengatakan, saat ini rasa kebhinnekaan rakyat Indonesia diuji terutama menjelang penyelenggaraan pemilihan kepala daerah secara serentak.

"Tahun 2017 nanti akan diselenggarakan 111 pilkada serentak di seluruh Indonesia, tapi sudah muncul masalah terutama di DKI Jakarta sebelum pilkada dilaksanakan," ungkapnya.

Zulkifli berharap agar generasi muda Indonesia mampu memetik pelajaran dari beberapa persitiwa panas jelang pilkada DKI Jakarta serta terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016