... dikenal sebagai menteri keuangan yang memiliki komitmen terhadap perbaikan dimana sistem ekonomi saat itu berbeda sekali dibanding sekarang...
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengharapkan kesembuhan mantan Menteri Keuangan, Mar'ie Muhammad, yang saat ini sedang terbaring sakit.

"Saya harap beliau bisa membaik, supaya bisa kembali sehat," kata Mulyani saat ditemui di Jakarta, Senin.

Dia mengaku sedih atas kenyataan Muhammad sakit, karena sosok yang dijuluki "Mr Clean" tersebut merupakan individu yang dikenal tegas dan bisa melakukan banyak pembenahan pada era Orde Baru. 

Muhammad-lah yang pernah menyatakan perumpamaan "membersihkan kotoran harus memakai sapu yang bersih" dan "cabut gigi yang sakit" menjelang reformasi terjadi. Pernyataan itu dinilai keras untuk kedigjayaan kepemimpinan Soeharto pada masa itu. 

Muhammad adalah menteri keuangan pada era Kabinet Pembangunan VI atau periode 1993-1998, dan kini dirawat di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Jakarta.

Pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur, 3 April 1939, ini juga pernah mengabdi menjadi direktur jenderal pajak Kementerian Keuangan pada 1988 hingga 1993 dan dijuluki sebagai "Mr Clean" karena perjuangannya dalam memberantas korupsi ketika budaya koruptif masih merajalela.

"Beliau dikenal sebagai menteri keuangan yang memiliki komitmen terhadap perbaikan dimana sistem ekonomi saat itu berbeda sekali dibanding sekarang," kata Mulyani. 

Selain itu, dia berutang budi kepada Muhammad karena telah banyak memberikan bantuan ketika dia baru pertama kali berkarir di lingkungan Kementerian Keuangan.

"Beliau pernah menjadi staf, tim khusus yang membantu saya. Banyak sekali diskusi mengenai apa-apa di Drektorat Jenderal Pajak yang perlu diperhatikan dan diperbaiki," ujarnya.

Pewarta: Satyagraha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016