Jakarta (ANTARA) - Outlook ekonomi global masuk ke kubangan ketidakmenentuan akibat Pemilu AS dan Brexit, namun kemungkinan tidak berpengaruh banyak terhadap perekonomian Jerman dalam jangka pendek, kata Kementerian Keuangan Jerman seperti dikutip Reuters, Jumat.  Tetapi satu juta warga Jerman terancam menjadi pengangguran jika presiden terpilih Donald Trump membawa AS menerapkan kebijakan ekonomi yang proteksionis.

"Lingkungan ekonomi global tetap dicirikan oleh ketidakmenentuan menyusul keputusan Brexit dan Pemilu AS," kata kementerian keuangan Jerman dalam laporan bulanannya.

"Meksipun demikian tidak ada dampak negatif dalam jangka pendek," sambung kementerian seraya menambahkan bahwa Jerman yang menjadi perekonomian terbesar di Eropa kemungkinan akan tumbuh moderat pada triwulan ketiga.

Retorika proteksionis Donald Trump dan kemenangan mengejutkan dia pada Pemilu Presiden AS telah mengejutkan para politisi dan pengusaha Jerman.

AS adalah pasar ekspor paling penting Jerman dengan menangkap 10 persen dari total eskpor Jerman. Pada 2015, perusahaan-perusahaan Jerman menjual produk yang utamanya kendaraan, mesin dan produk kimia ke AS senilai 114 miliar euro.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016