Tokyo (ANTARA News) - Pemain Jepang Hotaru Yamaguchi mencetak gol pada menit kelima masa tambahan waktu di Stadion Saitama untuk membawa timnya menang 2-1 atas Irak, pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 yang dimainkan pada Kamis.

Jepang memulai fase akhir kualifikasi zona Asia dengan mengecewakan, di mana mereka kalah 1-2 dari tamunya Uni Emirat Arab pada bulan lalu, namun kemenangan-kemenangan atas Thailand dan Irak telah mendongkrak mereka ke peringkat kedua di Grup B.

Pemuncak klasemen grup Australia akan berhadapan dengan tim peringkat ketiga Arab Saudi di Jeddah pada Kamis malam.

Juara Asia empat kali Jepang membuka keunggulan pada menit ke-26 melalui Genki Haraguchi, yang menyelesaikan serangan balik Jepang dengan penyelesaian menggunakan tumitnya melalui sela-sela kakinya sendiri dari umpan silang Hiroshi Kiyotake.

Irak kerap menimbulkan masalah melalui bola-bola mati dan menyamakan kedudukan ketika Saad Luaibi melompat tinggi, untuk menyambar tendangan bebas Ahmed Yaseen pada menit ke-60.

Jepang menekan pada fase akhir pertandingan untuk mencari gol penentu kemenangan, dan mendapatkannya ketika Yamaguchi memanfaatkan bola muntah pada masa tambahan waktu.

Dua tim teratas di Grup A dan B lolos langsung ke Piala Dunia di Rusia, sedangkan tim-tim peringkat ketiga akan saling berhadapan untuk menuju playoff dengan tim zona CONCACAF, untuk memperebutkan satu tempat di putaran final. Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016