Bogor (ANTARA News) - Provinsi Jawa Barat merebut dua medali emas sekaligus dalam cabang drumband Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 yang berlangsung di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jabar, Kamis.

Kontingen tuan rumah meraih dua medali emas untuk nomor Lomba Ketepatan dan Ketahanan Berbaris (LKKB) campuran 2.000 meter dan 4.000 meter.

Jabar mampu menyaingi Provinsi Banten yang hari pertama sukses meraih dua emas masing-masing dari LKKB Putri 2.000 meter dan LKKB Putra 4.000 meter.

Pada final LKKB campuran 4.000, kontingen Sumatera Utara sukses meraih perak, mengunggulu Banten yang harus puas dengan perolehan perunggu.

"Kami puas dengan perolehan perunggu ini, prediksi kami bisa berada di peringat kedua setelah DIY, ternyata Jawa Barat yang juara," kata manager Tim Provinsi Banten, Hari Doyo Sugianto.

Ketua Panitia Pelaksana Cabor Drumband Gatut Sutanta mengatakan, pelaksaan hari kedua final salah satu nomor cabor drumband berjalan lancar.

"Meski tadi sempat diguyur hujan, tidak menghentikan perlombaan, karena kondisi cuaca bukan halangan bagi drumband," katanya.

Gatut menambahkan, selama dua hari perlombaan, cabor drumband dapat berlangsung tepat waktu, dan tidak ada kendala maupun halangan yang melintang.

Sementara itu, Pelatih Tim Jawa Barat, Archil Sukarno merasa optimistis untuk meraih medali di empat nomor yang tersisa.

"Kita optimistis mengejar target," katanya.

Masih tersisa enam emas lagi untuk cabor Drumband, empat emas ada di nomor Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP) putri 600 meter dan putra 800 meter, lalu campur 600 meter dan 800 meter.

Lalu Lomba Unjuk Gelar (LUG) satu emas, dan Lomba Baris Berbaris (LBB) satu emas).

"Ada empat nomor pertandingan, empat nomor masing-masing delapan emas, dan dua nomor masing-masing satu emas," kata Gatut.


Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016