Amman (ANTARA News)  Otoritas Jordania mengatakan pada, Rabu (7/9), bahwa mereka menyita lebih dari 13 juta pil captagon, salah satu jenis narkoba yang paling sering dikonsumsi oleh gerilyawan dalam perang Suriah.

Kementerian Dalam Negeri Jordania mengatakan tiga terduga pengedar termasuk seorang warga negara asing berhasil diringkus.

Barang terlarang tersebut disembunyikan di dalam mesin cuci di rumah salah satu tersangka dekat ibu kota Amman.

Badan PBB Bidang Narkoba dan Aksi Kriminal (UNDOC) mengklasifikasikan captagon sebagai stimulan tipe amphetamine dan narkoba jenis tersebut biasanya merupakan campuran dari amphetamine, kafein dan berbagai zat lain.

Sejumlah laporan mengindikasikan para gerilyawan dari berbagai kelompok yang terlibat perang Suriah mengonsumsi captagon.

Kementerian Dalam Negeri Jordania mengatakan pil-pil tersebut hendak dikirim ke negara lain tanpa memberikan keterangan lebih jauh.

Pada pertengahan 2016, otoritas Jordania menyita enam ton lebih narkoba ilegal dan menangkap lebih dari 13.000 orang yang diduga menyelundupkan, memiliki, dan mengonsumsi narkoba, demikian seperti dilansir AFP.  (ab/)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016