Beijing (ANTARA News) - Angkatan Laut China menggelar pelatihan di Laut Jepang, kata harian militer, Jumat, dan menggambarkan pelatihan tersebut sebagai kegiatan rutin yang dilakukan sesuai dengan hukum dan praktik internasional.

AL China meningkatkan kegiatan pelatihan di perairan jauh dari negaranya untuk mengasah kemampuan operasional.

Pada 2015, lima kapal China menggelar pelatihan di perairan internasional di Laut Bering jauh di Alaska.

Harian "People's Liberation Army" tidak menyebutkan pasti tempat pelatihan tersebut dan hanya menyebut "bagian tertentu Laut Jepang".

Komandan latihan Xu Haihua mengatakan latihan tersebut merupakan bagian dari pengaturan rutin tahunan dan dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan armada bertempur jauh di tengah lautan.

Harian itu mengatakan beberapa kapal yang terlibat dalam perjalanan pulang dari latihan Lingkar Pasifik atau RIMPAC yang dituanrumahi AS di Hawaii.

"Pelatihan jauh di laut perairan internasional biasa dilakukan oleh angkatan laut dunia dan pada tahun ini, angkatan laut kami beberapa kali menggalang armada untuk menggelar pelatihan jauh di Pasifik barat," kata harian itu.

"Pelatihan laut itu adalah bagian dari pelatihan tahunan, tidak ditujukan ke negara tertentu, dan sesuai dengan hukum dan praktik internasional," katanya.

Laut Jepang adalah perairan strategis, yang berbatasan dengan Jepang, Rusia, Korea Selatan dan Korea Utara, demikian seperti dilaporkan Reuters.

(Uu.S022)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016