Jakarta (ANTARA News) - Menanggapi wacana penerapan "full day school", Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon meminta pemerintah tak menjadikan para siswa sebagai kelinci percobaan.

"Dunia pendidikan kita jangan dijadikan kelinci percobaan. Ini bukan waktunya menjadikan kelinci percobaan. Siswa-siswa kita bukan kelinci. Jadi harus dikaji lagi lah dengan matang," ujar dia di Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis.

Fadli menilai penerapan "full day school" sama saja mengubah gaya hidup dunia pendidikan, termasuk di dalamnya siswa, orangtua dan tenaga pendidik.

"Karena ini kan mengubah gaya hidup siswa, mengubah gaya hidup orangtua, persoalan antar jemput misalnya. Mengubah gaya hidup dunia pendidikan," tutur Fadli.

Dia meminta pemerintah mengkaji wacana ini secara mendalam dan mencermati dampaknya. "Ide ini harus dikaji secara mendalam, secara cermat dampaknya seperti apa. Kemudian baru disimulasikan, ada percontohannya dulu. Jangan ada ide diterapkan kemudian dikoreksi lagi, perlu perencanaan yang matang," kata dia.


Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016