Sydney (ANTARA News) - Pasar saham Australia menguat pada awal perdagangan Selasa, berada di jalur untuk kenaikan lebih lanjut karena musim laporan laba emiten mengumpulkan momentum.

Indeks acuan S&P/ASX200 naik 9,1 poin atau 0,16 persen menjadi diperdagangkan pada 5.546,9, sementara indeks All Ordinaries bertambah 7,7 poin atau 0,14 persen pada 5.633,4.

Saham sumber daya dan energi mendorong keuntungan awal pada Selasa, menyusul kenaikan komoditas-komoditas industri penting dan patokan minyak mentah di perdagangan luar negeri pada Senin.

Data perdagangan Tiongkok menunjukkan berlanjutnya peningkatan permintaan terhadap komoditas-komoditas, analis pasar IG, Angus Nicholson, mengatakan, sementara berita dorongan untuk memotong pasokan pada pertemuan Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) pada September membantu sebagai pendorong reli minyak.

"Sementara kesepakatan sangat tidak mungkin untuk diwujudkan, fakta bahwa itu bahkan disebutkan menunjukkan seberapa banyak kesulitan aksi jual terbaru dalam sebulan terakhir ini, telah menyebabkan banyak kesulitan anggota-anggota OPEC," kata Nicholson.

ANZ naik 0,20 persen, Commonwealth Bank of Australia naik 0,65 persen, Westpac bertambah 0,27 persen sedangkan National Australia Bank turun tipis 0,12 persen.

BHP Billiton naik 3,73 persen, saingannya Rio Tinto naik 1,85 persen dan penambang emas Newcrest naik 1,78 persen.

Oil Search menurun 0,28 persen, Santos naik 1,53 persen dan Woodside Petroleum naik 0,98 persen.

Wesfarmers menurun 0,59 persen, sementara rivalnya Woolworths naik 0,68 persen.

Qantas datar, sementara raksasa telekomunikasi Telstra turun 0,70 persen pada pembukaan Selasa.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016