Sydney (ANTARA News) - Juara dunia surfing pertama kali, dari Australia, Bernard Midget Farrelly, sudah hidup cukup lama untuk melihat olahraga yang dicintainya diterima dalam kejuaraan Olimpiade sebelum dia meninggal pada usia 71, Minggu.

Farrelly mendapat julukannya ketika ia pertama kali menginjak papan surfing pada umur sepanjang 18 kaki pada usia enam tahun dengan ketangguhan luar biasa. Pada saat remaja ia mengidolakan peselancar muda yang hebat di seluruh dunia.

Pada usia 17 tahun, ia kembali ke kampung halamannya Sydney sebagai seorang selebriti setelah memenangkan kejuaraan Makaha Internasional pada 1962 di Hawai saat ajang tersebut masih dianggap tidak resmi.

Dua tahun kemudian, angkatan 1960 menyukai selancar pada puncaknya dan tumbuh berkembang hingga ke ajang California Sound of The Beach Boys, Farrelly mengalahkan musuh yang kuat dari peselancar internasional untuk memenangkan Kejuaraan Dunia Surfing di Sydney 1964.

Lebih dari setengah abad kemudian, olahraga yang membantu namanya terangkat diterima oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) saat diumumkan Rabu lalu bahwa selancar akan dipertandingkan perdana saat Olimpiade di Tokyo 2020.

"Dia melakukan hal-hal di papan selancar di mana tidak ada yang pernah lihat sebelumnya," kata John Coates, presiden Komite Olimpiade Australia. "Para peselancar yang bersaing di Tokyo pada tahun 2020 berhutang banyak."

(A072)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016