Rio de Janeiro, Brazil (ANTARA News) - Hanya 28 kepala negara dan pemerintah yang telah mengkonfirmasi kehadirannya di Olimpiade Rio de Janeiro, jauh dari yang ditargetkan yaitu 50 pada minggu lalu, kata pemerintah Brazil kepada Reuters, Rabu.

Presiden Brasil Dilma Rousseff ditangguhkan dari tugasnya dan terkendala pengadilannya di Senat atas tuduhan melanggar aturan anggaran, tidak ada permintaan sejauh ini untuk pertemuan bilateral dengan Presiden sementara Michel Temer di Rio.

Di antara negara-negara sesama Amerika Latin, hanya presiden Argentina dan Paraguay yang telah mengkonfirmasi kehadiran mereka di pesta olahraga yang diagendakan dari 5-21 Agustus 2016.

China mengirimkan wakil perdana menteri walaupun mempunyai hubungan perdagangan yang erat dengan Brazil.

Presiden Prancis Francois Hollande yang menawarkan negaranya sebagai tuan rumah Olimpiade 2024 di Paris, akan hadir, begitu juga, Portugal dan Jerman.

Delegasi Amerika Serikat akan dipimpin oleh Menteri Luar Negeri John Kerry, yang juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan mitranya Brasil, Jose Serra.

Temer, mantan wakil presiden, kepada wartawan dalam sebuah wawancara baru-baru ini mengatakan bahwa ia bermaksud untuk menjaga hubungan sampai akhir sidang Rousseff pada akhir Agustus setelah hasil dari Olimpiade Rio 2016. Demikian laporan Reuters.

(Uu.A072/a032)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016