Jakarta (ANTARA News) - Prancis selaku tuan rumah Euro 2016 menjadi tim terakhir menyusul Wales, Portugal dan Jerman untuk maju ke babak semifinal yang akan diadakan pada 7-8 Juli 2016.

Lolos ke semifinal bagi Prancis merupakan kewajiban karena target Les Blues sebagai tuan rumah adalah mengamankan gelar juara, mengulang kejayaan Piala Eropa 1984 di mana Prancis menjadi juara sebagai tuan rumah.

Paul Pogba dan kolega masuk ke putaran utama Euro tanpa melewati babak kualifikasi. Mereka langsung tergabung dalam Grup A bersama Swiss, Rumania dan Albania.

Prancis sukses menjadi juara Grup A kendati tidak mampu menyapu bersih seluruh kemenangan akibat ditahan Swiss 0-0, setelah menekuk Rumania 2-1 dan Albania 2-0.

Pada putaran 16 besar, Prancis menyingkirkan Irlandia dengan skor 2-1 lewat sepasang gol Antoine Griezmann.

Prancis tanpa kesulitan melibas Islandia yang menyingkirkan Inggris pada 16 besar dengan skor mencolok 5-2 pada babak perempatfinal.

Melihat lawan yang dihadapi Prancis hingga babak perempatfinal, maka Jerman akan menjadi lawan terberat pasukan Didier Deschamps pada turnamen ini. Jika berhasil mengalahkan Jerman, Prancis akan menghadapi pemenang antara Wales dan Portugal di final.

Berikut hasil pertandingan Prancis pada Euro 2016:

Fase grup A:

Prancis 2-1 Rumania
Gol: Olivier Giroud, Dimitri Payet - Bogdan Stancu

Prancis 2-0 Albania
Gol: Antoine Griezmann, Dimitri Payet

Prancis 0-0 Swiss
Gol: -

16 Besar

Prancis 2-1 Irlandia
Gol: Griezmann, Griezmann - Robert Brady

Perempatfinal

Prancis 5-2 Islandia
Gol: Giroud, Pogba, Payet, Griezmann, Giroud - Sigthorsson, Bjarnason

Semifinal
Prancis vs Jerman
8 Juli 2016 di Stade Velodrome.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016