Jakarta (ANTARA News) - Jumlah pemudik yang akan keluar dari Jakarta melalui Terminal Kampung Rambutan pada Sabtu atau H-4 Lebaran 2016 hingga sekitar pukul 16.00 WIB mencapai sembilan ribu orang.

"Seperti diperkirakan hari ini dan besok (Minggu), akan terjadi lonjakan penumpang yang akan mudik melalui Kampung Rambutan," kata Kepala Terminal Kampung Rambutan Emiral August Dwinanto di Posko Mudik Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Sabtu.

Emiral mengatakan jumlah tersebut masih akan meningkat lagi mengingat rata-rata penumpang yang berangkat mulai H-12 sampai dengan H-7 mencapai 10 ribu orang.

Kepala Terminal Kampung Rambutan menilai semakin banyak pemudik yang memilih menggunakan bus akan semakin baik karena artinya mereka mulai meninggalkan mudik dengan sepeda motor.

Oleh karena itu, ia berharap arus mudik melalui Terminal Kampung Rambutan berjalan lancar tanpa ada halangan yang berarti.

"Kita terus berusaha meningkatkan pelayanan di terminal dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan penumpang," kata dia.

Menurut Emiral, upaya tersebut sejalan dengan imbauan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan yang menargetkan "zero accident" atau angka kecelakaan nol persen dalam arus mudik dan balik Lebaran 2016.

Untuk menampung peningkatan jumlah pemudik Lebaran 2016, Kementerian Perhubungan menyediakan total 9.374 bus tambahan yang didistribusikan ke empat terminal utama di DKI Jakarta yakni Pulo Gebang, Kampung Rambutan, Kalideres dan Pulo Gadung.

Terminal Kampung Rambutan mendapatkan 250 bus tambahan untuk arus mudik dengan trayek Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sumatera.

Pewarta: Azizah Fitriyanti
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016