Baku (ANTARA News) - Pemuncak klasemen balap Formula Satu Nico Rosberg meraih posisi start terdepan untuk Grand Prix Eropa pertama yang digelar di Azerbaijan pada Sabtu, sementara rekan setimnya di Mercedes Lewis Hamilton menabrak dinding dan menempati posisi ke-10.

Tahap akhir kualifikasi balapan dihentikan dengan masih tersisa dua menit setelah Hamilton, juara dua balapan sebelumnya dan terpaut sembilan poin dari Rosberg di klasemen, melakukan kesalahan pada putaran ke-10 dan menghancurkan suspensi depan kanannya, lapor Reuters.

Pebalap asal Meksiko Sergio Perez memenuhi persyaratan start di posisi kedua untuk Force India, tetapi ia mendapat hukuman pengurangan lima tempat karena melakukan perubahan gearbox yang tidak terjadwal setelah menabrak dinding di putaran ke-15 saat latihan terakhir di sirkuit jalanan Baku.

Hal tersebut mengangkat pebalap Red Bull asal Australia Daniel Ricciardo ke barisan depan start dengan Sebastian Vettel di posisi ketiga dan rekan setimnya di Ferrari asal Finlandia Kimi Raikkonen di posisi keempat.
(Uu.D011)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016