Kupang (ANTARA News) - Gempa bumi berkekuatan 5,1 Skala Richter mengguncang Kabupaten Sumba Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur,pada Kamis siang pukul 14:23 Wita waktu setempat.

"Gempa tidak berpotensi tsunami, tetapi masyarakat tetap diminta untuk waspada," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Klas 1 Kupang, Sumawan kepada Antara ketika dikonfirmasi soal gempa yang terjadi di Sumba Barat,Kamis.

Ia menjelaskan lokasi gempa berada di 10.61 Lintang Selatan (LS) dan 119.21 Bujur Timur (BT).

Ia menyatakan dari radar yang dibaca di Stasiun Geofisika Klas 1 Kupang terdata pusat gempa terjadi di 108 Kilometer Barat Daya dari Pulau Sumba yang dikenal dengan tradisi Pasolanya tersebut.

Stasiun Geofisika Klas 1 Kupang juga mencatat gempa berkekuatan 5,1 SR itu berada di kedalaman 10 Kilometer di atas permukaan laut.

Sumawan menjelaskan Gempa yang terjadi akhir-akhir ini di NTT disebabkan provinsi yang dikenal dengan provinsi berbasis kepulauan tersebut masuk dalam sistem tektonik Indonesia.

"Jangan salah kalau gempa di NTT sering terjadi, baik pulau Timor, Pulau Alor, Sumba, Flores dan pulau lainnya di NTT," katanya.

Masyarakat juga diminta untuk selalu mewaspadai gempa-gempa kecil yang terus menerus terjadi di NTT.

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016