Madrid (ANTARA News) - Kiper Manchester United David de Gea masih menanti apakah dirinya akan mengawal gawang Spanyol pada pertandingan pembukaan mereka di Piala Eropa 2016 melawan Republik Ceko.

De Gea dimainkan saat Spanyol kalah 0-1 dari Georgia pada Selasa, pertandingan pemanasan terakhir Tim Matador, namun kiper Porto Iker Casillas telah menjadi kiper pilihan pertama negara itu sejak 2002 dan dimainkan pada pertandingan pemanasan sebelumnya, saat menang 6-1 atas Korea Selatan (Korsel).

Saat ditanyai pemain mana yang akan dipilih oleh pelatih Vicente del Bosque untuk pertandingan Senin di Toulouse, De Gea berkata kepada surat kabar AS, "Saya tidak tahu. Kami masih akan harus menunggu sampai Senin untuk melihat keputusannya."

"Keputusan pelatih dan akan mengecewakan (seandainya tidak dimainkan sebagai pemain inti saat melawan Ceko)," ucapnya seperti dikutip Reuters.

"Saya selalu bekerja dengan tujuan dapat dimainkan."

Del Bosque tidak memberi indikasi siapa yang akan dipilihnya dan mengatakan keputusan itu akan dibuat pada hari tersebut.

De Gea, disebut-sebut sebagai favorit setelah tampil bagus untuk United. Pemain 25 tahun itu terpilih sebagai Pemain Terbauk untuk musim ketiganya di klub tersebut.

"Saya datang dalam kondisi yang bagus, setelah memainkan banyak pertandingan bagus untuk Manchester United," kata mantan pemain Atletico Madrid tersebut.

De Gea melakukan debutnya untuk timnas senior pada Juni 2014 pada pertandingan persahabatan, dan masuk dalam skuad Spanyol untuk Piala Dunia namun ia tidak dimainkan.

Ia telah mencatatkan sembilan penampilan untuk timnas Spanyol namun hanya tampil sebanyak tiga kali sebagai pemain inti pada kualifikasi Piala Eropa 2016 untuk sang juara bertahan, di mana Casillas (35) lebih difavoritkan untuk menguasai posisi di bawah mistar gawang dalam dua tahun terakhir.

Rivalitas antara keduanya mendapatkan banyak perhatian dari media Spanyol. De Gea nyaris menjadi pengganti Casillas di Stadion Santiago Bernabeu musim panas silam setelah "Saint Iker" pindah ke Porto, namun United dan Real tidak menyelesaikan kesepakatan sebelum tenggat waktu bursa transfer.

"Perdebatan dimunculkan oleh pers," kata De Gea. "Tiga kiper akan berusaha memberikan penampilan terbaik."

Sergio Rico dari Sevilla merupakan kiper pilihan ketiga.

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016