Jakarta (ANTARA News) - Cristiano Ronaldo mengakui akan menjdi sebuah pengalaman yang emosional jika dia nantinya berhadapan dengan bekas rekan satu timnya Wayne Rooney pada Euro 2016.

Ronaldo dan Rooney bermitra selama lima tahun di Manchester United antara 2004 dan 2009 sampai memenangkan trofi-trofi bergengsi termasuk juara Liga Utama Inggris dan Liga Champions.

Kedua pemain sudah pernah bertemu dua kali pada level internasional dalam turnamen-turnamen besar antara Inggris dan Portugal.

Keduanya bermain pada Euro 2004 manakala Portugal mengalahkan Inggris lewat adu penalti pada babak perempatfinal. Dalam pertandingan ini Rooney mengalami cedera retak tulang kaki.

Dua tahun kemudian kedua negara bertemu pada babak delapan besar Piala Dunia 2006 di Jerman ketika Rooney mendapat kartu merah akibat melanggar Ricardo Carvalho yang untuk kali berikutnya Inggris kalah lewat adu penalti.

Ronaldo tertangkap kamera mengerdipkan matanya ketika Rooney keluar lapangan, namun insiden itu tidak mempengaruhi persahabatan mereka dan kapten Portugal ini menantikan peluang pertemuan ketiga pada babak knock-out di Prancis nanti.

"Pertandingan melawan Inggris akan sangat emosional bagi saya, karena Wayne Rooney dan karena hal lain juga. Roo (Rooney) kini seorang pemimpin dan itu tidak mengejutkan," kata Ronaldo kepada Sunday Mirror.

"Bagi saya, Inggris selalu memberikan kesempatan untuk bermain bagu pada turnamen-turnamen besar dan kali ini mereka tiba di Prancis dengan sejumlah pemain muda yang menarik yang memiliki masa depan yang besar. Hubungan dalam tim dan semangat tim terlihat positif.

"Baik Jamie Vardy maupun Harry Kane telah menciptakan banyak gol dan juga sukses tahun ini," tutup Ronaldo seperti dikutip Sky Sports.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016